Tak Ada Izin Kemendag , Bulog Batal Impor 100.000 Ton Bawang Putih

Kompas.com - 09/04/2019, 08:10 WIB
Kementerian Pertanian (Kementan) tengah gencar melakukan penanaman bawang putih di dalam negeri untuk mengejar target swasembada pada 2021 Dok. Humas KementanKementerian Pertanian (Kementan) tengah gencar melakukan penanaman bawang putih di dalam negeri untuk mengejar target swasembada pada 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga saat ini Perum Bulog belum merealisasi impor bawang putih 100.000 ton. Hal ini karena Kementerian Perdagangan (Kemdag) belum mengeluarkan izin impor.

Kepala Bagian Humas dan Kelembagaan Bulog Firmansyah menyatakan, untuk saat ini Bulog tidak akan mengimpor bawang putih. Sebab, Kemendag belum berencana mengeluarkan izin impor bawang.

"Bulog akan melakukan impor atas dasar izin impor dari Kemendag," kata Firmansyah seperti dilansir Kontan.co.id, Senin (8/4/2019).

Baca juga: Impor Bawang Putih 100.000 Ton dari China, Bulog Siapkan Rp 500 Miliar

Sebelumnya, pemerintah melalui Bulog berencana mengimpor 100.000 ton bawang putih dari China. Impor ini sebagai upaya untuk menstabilkan harga bawang. Bulog sendiri telah menyiapkan dana sekitar Rp 500 miliar untuk merealiasasikan impor tersebut.

Namun Kemendag sendiri menyatakan tidak akan mengeluarkan izin impor bawang putih. Hal ini karena persediaan bawang di pasar masih terjaga.

Sebagai informasi, berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, harga komoditas bawang putih berkisar Rp 33.500 - Rp 37.200 per Kg pada pekan pertama April 2019. (Vendi Yhulia Susanto)

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Perum Bulog batal impor 100.000 ton bawang putih


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X