Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/04/2019, 12:16 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di era yang serba dinamis ini, seberapa penting kah memiliki dana darurat? Bila penting, apakah Anda telah mempersiapkan dana darurat tersebut?

Farah Dini Novita, seorang perencana keuangan dari Jouska, mengatakan, mempersiapkan dana darurat sangat penting dilakukan karena hidup sangat dinamis.

"Penting sekali. Kita ini hidup di mana semuanya serba dinamis. Industri manapun enggak ada yang aman sekarang. Misalnya kamu saat ini kerja di perusahan batu bara, enggak tahunya batu bara turun apa yang terjadi? Lay off besar-besaran. Enggak ada industri yang aman saat ini," kata Farah di Jakarta, Jumat (5/4/2019).

Dia mengatakan, semua orang tidak pernah tahu kapan akan membutuhkan dana cadangan yang besar, sehingga perlu mempersiapkannya dari sekarang.

Baca juga: Berapa Besaran Dana Darurat yang Tepat untuk Disisihkan?

Apalagi, saat ini banyak anak muda yang ingin berbisnis sendiri dan membangun startup. Sebelum membangun, pastikan keuangan yang dimiliki sudah cukup untuk membiaya kehidupan setelah keluar dari kantor sebelumnya.

Dengan memiliki keuangan yang kokoh imbuh Farah, semua orang lebih mudah membuat keputusan apapun dalam hidupnya dan tidak takut mengambil risiko untuk menjalankan bisnis sendiri.

Misalnya, bila seorang wanita karir ingin memulai hidupnya sebagai ibu rumah tangga, maka dia pun tersebut tidak akan ragu-ragu. Karena dia telah memiliki dana cadangan.

"Ketika keuangan kita kokoh, kita bisa dengan mudah membuat keputusan apapun. Misalnya mau jadi entrepreneur, terus kalau bisnis ini selama 2 tahun belum jalan pun kita masih punya dana cadangan. Jadi enggak takut," ucap Farah.

"Jadi semua dimulai dengan dana cadangan," tambah dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com