Kenapa Dana Darurat Penting?

Kompas.com - 09/04/2019, 12:16 WIB
Ilustrasi uang receh dan uang koin rupiah SHUTTERSTOCKIlustrasi uang receh dan uang koin rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Di era yang serba dinamis ini, seberapa penting kah memiliki dana darurat? Bila penting, apakah Anda telah mempersiapkan dana darurat tersebut?

Farah Dini Novita, seorang perencana keuangan dari Jouska, mengatakan, mempersiapkan dana darurat sangat penting dilakukan karena hidup sangat dinamis.

"Penting sekali. Kita ini hidup di mana semuanya serba dinamis. Industri manapun enggak ada yang aman sekarang. Misalnya kamu saat ini kerja di perusahan batu bara, enggak tahunya batu bara turun apa yang terjadi? Lay off besar-besaran. Enggak ada industri yang aman saat ini," kata Farah di Jakarta, Jumat (5/4/2019).

Dia mengatakan, semua orang tidak pernah tahu kapan akan membutuhkan dana cadangan yang besar, sehingga perlu mempersiapkannya dari sekarang.

Baca juga: Berapa Besaran Dana Darurat yang Tepat untuk Disisihkan?

Apalagi, saat ini banyak anak muda yang ingin berbisnis sendiri dan membangun startup. Sebelum membangun, pastikan keuangan yang dimiliki sudah cukup untuk membiaya kehidupan setelah keluar dari kantor sebelumnya.

Dengan memiliki keuangan yang kokoh imbuh Farah, semua orang lebih mudah membuat keputusan apapun dalam hidupnya dan tidak takut mengambil risiko untuk menjalankan bisnis sendiri.

Misalnya, bila seorang wanita karir ingin memulai hidupnya sebagai ibu rumah tangga, maka dia pun tersebut tidak akan ragu-ragu. Karena dia telah memiliki dana cadangan.

"Ketika keuangan kita kokoh, kita bisa dengan mudah membuat keputusan apapun. Misalnya mau jadi entrepreneur, terus kalau bisnis ini selama 2 tahun belum jalan pun kita masih punya dana cadangan. Jadi enggak takut," ucap Farah.

"Jadi semua dimulai dengan dana cadangan," tambah dia.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X