BI: Penjualan Eceran Februari 2019 Meningkat

Kompas.com - 09/04/2019, 19:03 WIB
Ilustrasi ritel Koichiro Nomoto/a.collectionRFIlustrasi ritel

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia merilis Survei Penjualan Eceran Bank Indonesia. Berdasarkan laporan tersebut, Indeks Penjualan Riil (IPR) pada Februari 2019 tumbuh sebesar 9,1 persen (yoy), meningkat dari 7,2 persen pada Januari 2019.

Peningkatan penjualan eceran tersebut terutama bersumber dari subkelompok sandang dan kelompok barang budaya dan rekreasi.

BI pun optimistis penjualan eceran diprakirakan tetap tumbuh tinggi pada Maret 2019. Hal tersebut diindikasikan oleh IPR Maret 2019 yang tumbuh mencapai 8,0 persen (yoy). Pertumbuhan tersebut antara lain didorong oleh peningkatan penjualan subkelompok sandang dan kelompok suku cadang dan aksesori.

"Penjualan sub kelompok sandanh tumbuh sebesar 40,6 persen (yoy) meningkat dari 33,7 persen (yoy) pada bulan sebelumnya. Kelompok suku cadang dan aksesori tumbuh sebesar 18,9 persen meningkaybsari 14 persen pada bulan sebelumnya,"ujar BI dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/4/2019).

Hasil survei juga mengindikasikan tekanan harga di tingkat pedagang eceran dalam tiga bulan mendatang yakni Mei 2019 tetap terjaga. Indikasi tersebut tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) tiga bulan yang akan datang sebesar 153,9, menurun dari 154,3 pada bulan sebelumnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X