Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendiri Xiaomi Donasikan Seluruh Bonus Tahunannya Rp 13,6 Triliun

Kompas.com - 11/04/2019, 08:10 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

Sumber CNN

NEW YORK, KOMPAS.com - Pendiri sekaligus CEO perusahaan produsen smartphone asal China Xiaomi, Lei Jun, menerima bonus tahunan setelah perusahaannya melantai di bursa Hongkong. Lei pun memilih untuk mendonasikan seluruh bonus yang dia dapatkan tersebut.

Seperti dikutip dari CNN, Kamis (11/4/2019), Lei Jun menerima lebih dari 636,6 juta saham sebagai bonus dari kontribusinya terhadap Xiaomi.

Berdasarkan harga terkini dari saham Xiaomi, jumlah tersebut setara dengan 7,54 miliar dollar Hong Kong, atau setara dengan 961 miliar dollar AS. Sementara jika dirupiahkan, angka tersebut setara dengan Rp 13,6 triliun.

Xiaomi mengatakan, Lei telah berjanji akan mendonasikan seluruh sahamnya, setelaah dipotong pajak, untuk beramal.

Meski. Xiaomi tidak merinci lebih jauh tujuan amal yang akan dilakukan.

Sebagai infromasi, Xiaomi mulai mencatatkan sahamnya di bursa Hong Kong sejak Juli 2018 lalu. Harga saham Xiaomi pun terus merosot lantaran permintaan smartphone di China yang terus menurun. Xiaomi pun harus berhadapan dengan persaingan yang begitu ketat.

Mereka harus bersaing dengan merek internasional seperti Samsung dan Apple juga rival Chinanya, Huawei, Vivo serta Oppo.

Walaupun demikian, Lei masih bisa mendonasikan seluruh bonus yang dia dapat. Bahkan setelah memperhitungkan penurunan saham Xiaomi, dia masih memiliki kekayaan hingga 11 miliar dollar AS menurut Forbes dan Bloomberg.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com