Bitcoin, Instrumen Investasi untuk Milenial?

Kompas.com - 11/04/2019, 20:39 WIB
Ilustrasi Bitcoin Novikov Aleksey/ShutterstcokIlustrasi Bitcoin

JAKARTA, KOMPAS.com - Pilihan investasi semakin kian beragam dengan hadirnya cryptocurrency alias mata uang kripto yang hadir dengan beragam titel, di antaranya Bitcoin.

Menurut Founder dan CEO Triv, sebuah platform exchanger mata uang kripto, elemen digital yang menjadi bagian tak terpisahkan mata uang kripto memang membuatnya lekas akrab dengan generasi milenial yang lekat dengan dunia maya.

“Mata uang kripto adalah salah satu instrumen investasi yang melesat. Maka untuk kalangan milenial sangat cocok berinvestasi di mata uang kripto terutama Bitcoin," kata Founder dan CEO Triv, Gabriel Rey dalam siaran pers, Kamis (11/4/2019).

Rey mengatakan, pertumbuhan mata uang bitcoin bisa mencapai 56,3 persen per tahun. Imbal hasil Bitcoin pun berada di angka 7,4 persen per tahun, jauh di atas rata-rata saham gabungan.

Baca juga: China Berencana Larang Penambangan Bitcoin

Peluang imbal hasil yang tinggi dibandingkan emas dan tanah yang hanya mencapai 6-7 persen, membuat milenial berbondong-bondong menanamkan uangnya di instrumen investasi ini. Saat ini, mayoritas pengguna Bitcoin berusia antara 25 hingga 35 tahun.

Rey, sapaan akrabnya, lebih lanjut menuturkan, kalangan milenial cenderung agresif untuk melakukan investasi sehingga cocok dengan investasi pada mata uang kripto. Milenial pun kerap melihat ideologis atau background instrument investasinya terlebih dahulu sebelum memulai investasi.

“Misalnya produk investasinya bagus tetapi mereka tidak suka, maka mereka tidak akan invest. Karena itu Bitcoin ini dinilai cocok untuk milenial karena tidak diatur oleh bank sentral dan aset tidak bisa dibekukan. Hal inilah yang membuat milenial tertarik," kata Rey.

Luncurkan aplikasi Triv

Menyadari respon positif bitcoin di kalangan milenial, Triv, usaha yang dijalankan Rey meluncurkan aplikasi ponsel pintar pada iOS dan Android bulan ini. Aplikasi ini menjawab kebutuhan milenial yang menginginkan kemudahan bertransaksi dalam genggaman.

“Triv bulan ini juga telah meluncurkan aplikasi Android dan iOS yang memudahkan nasabah untuk memantau harga Bitcoin pada pasar global dan pasar Triv. Serta melakukan jual beli Bitcoin real-time 24/7 cukup dari smartphone," kata Rey.

Di sisi lain, Asisten Deputi Moneter Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian, Edi Prio Pambudi menyatakan pemerintah pun telah melegalkan pembelian mata uang kripto sebagai komoditas. Pemerintah mendorong masyarakat untuk berinvestasi digital daripada membeli tanah karena suplainya yang terbatas.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X