Kompas.com - 12/04/2019, 06:21 WIB
Ilustrasi Bitcoin AFPIlustrasi Bitcoin

LONDON, KOMPAS.com - Sebuah penukaran mata uang kripto (cryptocurrency) meluncurkan kartu debit Visa di Inggris yang memungkinkan pengguna melakukan pembayaran dengan bitcoinl ethereum, dan litecoin.

Dilansir dari CNN, Jumat (12/4/2019), penukaran mata uang kripto Coinbase menyatakan, kartu tersebut akan mengonversi koin-koin kripto ke dalam mata uang poundsterling. Kartu tersebut juga bisa digunakan untuk menarik uang tunai dari mesin ATM.

Aplikasi yang terkait dengan kartu tersebut juga hadir untuk memungkinkan pengguna menentukan mata uang kripto yang akan digunakan.

Baca juga: Bitcoin, Instrumen Investasi untuk Milenial?

"Coinbase Card mendukung semua aset kripto yang diperdagangkan di platform Coinbase, artinya aset-aset itu dapat digunakan untuk membayar makanan dengan bitcoin, atau menggunakan ethereum untuk membayar tiket kereta untuk pulang," kata kepala Coinbase di Inggris Zeeshan Feroz.

Coinbase Card merupakan kartu debit mata uang kripto pertama di Inggris, menurut Coinbase. Kartu ini pun akan hadir di negara-negara Eropa lainnya dalam waktu dekat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para ahli mengatakan bahwa lonjakan harga mata uang kripto akan memikat investor-investor baru. Harga mata uang kripto pun diprediksi dapat terus meningkat lantaran perusahaan penukaran mata uang kripto mulai membuat koin digital tersebut mudah untuk dibelanjakan.

Baca juga: China Berencana Larang Penambangan Bitcoin

Kartu serupa telah terlebih dahulu hadir di Amerika Serikat yang dirilis oleh Shift Payments.

Namun, ada biaya transaksi dalam penggunaan kartu tersebut. Di Inggris, biaya transaksinya mencapai 2,49 persen per transaksi.

Adapun biaya transaksi di negara-negara Eropa lainnya mencapai 2,69 persen dan 5,49 persen per transaksi untuk negara-negara luar Eropa.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.