Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4.500 Lebih Pegawai Amazon Minta Jeff Bezos "Go Green," Mengapa?

Kompas.com - 12/04/2019, 07:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Sebanyak lebih dari 4.500 orang pegawai Amazon meminta Jeff Bezos, pimpinan mereka sekaligus orang terkaya di dunia untuk go green alias mengedepankan lingkungan.

Bezos juga didesak untuk mengambil langkah cepat untuk melawan perubahan iklim.

Dikutip dari FOX Business, Jumat (12/4/2019), dalam surat terbuka yang dipublikasikan di Medium, para pegawai Amazon mendesak Bezos untuk merilis rencana aksi di perusahaan tersebut terkait perubahan iklim. Menurut mereka, kepemimpinan dalam melawan perubahan iklim sangat dibutuhkan di Amazon.

Baca juga: Bill Gates dan Jeff Bezos Masuk Klub Eksklusif 100 Miliar Dollar AS

"Amazon memiliki sumber daya dan skala untuk mendefinisikan ulang apa yang mungkin dan penting (dilakukan) untuk merespon krisis iklim. Kami percaya ini adalah kesempatan bersejarah bagi Amazon untuk bangkit bersama para pegawai dan memberi sinyal pada dunia bahwa kita siap menjadi pimpinan (dalam menangkal perubahan) iklim," tulis para pegawai Amazon dalam surat terbuka.

Surat yang dipublikasikan pada pertengahan pekan ini tersebut ditulis oleh pegawai Amazon dari beragam latar belakang, mulai dari engineer hingga pekerja gudang dan tenaga pemasar.

Menurut harian The New York Times, gerakan ini merupakan gerakan lingkungan yang digagas pekerja terbesar di industri teknologi. Ini pun muncul hampir bersamaan dengan perusahaan teknologi lainnya yang hadir dengan gerakan yang mirip.

Baca juga: Jeff Bezos: Kita Tak Bisa Pilih Passion yang Kita Inginkan

Baru-baru ini, Apple mengumumkan bahwa jumlah pemasoknya yang hanya menggunakan energi bersih untuk pekerjaan produksi naik hampir dua kali lipat. Pemasok Apple yang dimaksud termasuk produsen cip TSMC dan mitra pabrik iPhone Foxconn.

Secara umum, Apple berada pada peringkat teratas sebagai salah satu perusahaan teknologi besar yang paling hijau. Sementara itu, Amazon belum merilis strategi perubahan iklim secara komprehensif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com