Melalui E-Commerce, Perempuan Indonesia Berkontribusi terhadap Masyarakat

Kompas.com - 12/04/2019, 18:38 WIB
Ilustrasi Thinkstockphotos.comIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil Survei yang dilakukan oleh MarkPlus terhadap 1.200 perempuan di Indonesia menunjukkan, setidaknya sebanyak 12,7 persen perempuan yang masuk dalam kategory generasi Y atau milenial (kelahiran 1981-1994) memulai bisnis di e-commerce dengan menjadi seller dilatar belakangi oleh keinginan untuk bisa memberdayakan masyarakat.

Sementara, jumlah populasi generasi X atau mereka yang lahir dalam kurun waktu 1961-1980 yang menjadikan keinginan memberdayakan masyarakat sebagai alasan untuk memulai bisnis e-commerce lebih besar, yaitu 18,7 persen.

Angka tersebut masih jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan persentase mereka yang menjadikan e-commerce sebagai alasan memiliki penghasilan sendiri atau kebebasan berkarya, yang masing-masing baik untuk generasi X sebesar 93,8 persen dan 92,2 persen sementara generasi Y sebesar 65 persen dan 47,5 persen.

Baca juga: Ternyata, 3 Hal Ini yang Diperhatikan Gen Z saat Mencari Pekerjaan

Berdasarkan data tersebut aktivis hak-hak perempuan Tunggal Pawestri menilai, perempuan Indonesia sudah memiliki insting untuk bisa berkontribusi lebih banyak kepada masyarakat.

" Perempuan sudah secara insting berkontribusi untuk melakukan pemberdayaan, bukan hanya memikirkan kepentingan penghasilan untuk diri sendiri," ujar dia di Jakarta, Jumat (12/4/2019).

Menurut dia, ketika seorang perempuan bekerja, sudah secara naluriah perempuan tersebut memiliki keinginan untuk bisa melakukan pemberdayaan masyarakat. Hal itu menurutnya belum tentu terpikirkan leh laki-laki, yang memang terkonstruksi sosial harus menghidupi keluarganya.

Dia pun menyanggah munculnya stigma yang menyatakan bahwa perempuan kerap menjatuhkan perempuan lainnya dalam mengejar karir.

Kompetisi yang ada untuk mencapai jenjang yang lebih tinggi di dunia kerja, seharusnya tidak ada sangkut pautannya dengan gender.

"Itu persoalan dunia kerja aja, urusannya kompetisi, ada yang satu ingin maju, yang lain ketinggalan," ujar dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X