Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sampaikan Visi-Misi, Jokowi Pamerkan Capaian Kinerja 4,5 Tahun

Kompas.com - 13/04/2019, 20:48 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo menyatakan dalam 4,5 tahun tersebut, pemerintahan yang dipimpinnya berupaya agar proses pembangunan Indonesia tidak hanya bertumpu pada pertumbuhan ekonomi saja, tetapi juga pemerataan.

"Selama 4,5 tahun saya dengan Pak Jusuf Kalla telah berusaha keras telah, berjuang keras dalam rangka mengembalikan watak asli dari pembangunan di negara kita Indonesia yaitu tidak bertumpu pada pertumbuhan ekonomi saja tapi juga pada pemerataan," ujar dia dalam debat terakhir, Sabtu (13/4/2019).

Dia mengatakan pertumbuhan ekonomi tanpa pemerataan akan menimbulkan ketimpangan. Pembangunan infrastruktur yang dilakukan tak hanya di Jawa tetapi di luar Jawa dilakukan agar proses pembangunan tidak bersifat Jawasentris tetapi Indonesia sentris.

Dengan demikian, ujar dia, akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru, baik berupa kawasan ekonomi khusus maupun kawasan ekonomi pariwisata.

"Kawasan ekonomi khusus maupun kawasan ekonomi pariwisata akan ebrimbas pada barang kerajinan yang dihasilkan oleh desa dan juga kami ingin terus memerjuangkan kemandirian ekonomi Indonesia," ujar dia.

Dia memaparkan pula beberapa capaian pemerintah dalam pengelolaan sumber daya alam seperti Blok Mahakam, Blok Rokan dan juga Freeport.

"Kemandirian ini sangat penting sekali karena dengan kemandirian ini ekonomi yang adil dan kesejahteraan masyarakat bisa kita lakukan," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com