Prabowo Ingin Kembalikan Rasio Pajak ke 16 Persen

Kompas.com - 13/04/2019, 21:30 WIB
Calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto (kiri) dan Sandiaga Uno saat mengikuti debat kelima Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019) malam. Debat terakhir itu mengangkat tema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta industri. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGCalon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto (kiri) dan Sandiaga Uno saat mengikuti debat kelima Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019) malam. Debat terakhir itu mengangkat tema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta industri.

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengatakan akan mengembalikan rasio pajak ( tax ratio) yang saat ini sebesar 10,3 persen kembali ke tingkat Orde Baru yang tahun 1997 lalu mencapai 16 persen.

"Tahun 1997 Orde Baru Indonesia sempat tax ratio mencapai 16 persen, sekarang 10 persen, kita kehilangan lebih dari 60 miliar dollar tiap tahun," ujar Prabowo di Jakarta, Kamis (13/4/2019).

Prabowo mengatakan, dirinya akan meningkatkan rasio pajak Indonesia dengan menggunakan teknologi informasi serta komputerisasi. Hal tersebut dilakukan agar proses penerimaan pajak menjadi lebih transparan.

Baca juga: Ini 5 Titik Kebocoran yang Bikin Rasio Pajak Indonesia Rendah

Pasalnya, negara lain seperti Thailand dan Malaysia bisa meningkatkan rasio pajaknya hingga 19 persen dengan pemanfaatan teknologi informasi dan digitalisasi tersebut.

"Dengan program informatika dan teknologi kita bisa melakukan transparansi dan belajar dari negara lain sehingga tax ratio kita bisa kembali ke 16 persen bahkan 19 persen." ujar dia.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X