Ketika Wawancara Kerja, Kapan Waktu Terbaik Membahas soal Gaji?

Kompas.com - 15/04/2019, 08:18 WIB
Ilustrasi gaji Thinkstockphotos.comIlustrasi gaji

KOMPAS.com - Saat wawancara pekerjaan, berbagai hal terkait Anda termasuk soal gaji tentu dibahas. Nah sebenarnya kapan waktu yang pas Anda harus mengemukakan kata 'gaji' itu?

Josh Doody, penulis buku Fearless Salary Negotiation, menyarankan Anda untuk menunggunya sampai waktu yang tepat.

"Tunggu selama mungkin untuk berbicara tentang gaji," kata Doody, dikutip dari CNN, Senin (15/4/2019).

Menurut dia, jika Anda langsung meminta nominal tertentu terlebih dahulu, hal ini justru berisiko membatasi nilai tawaran yang mungkin akan disampaikan pihak perusahaan.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Naik Gaji

Sebagai kandidat, Anda tidak memiliki posisi tawar. Anda belum memiliki kesempatan untuk memamerkan keterampilan, ide, dan bagaimana Anda akan menjadi aset bagi perusahaan. Semakin jauh Anda berhasil melewati proses tanpa memberikan harapan gaji, semakin banyak uang yang mungkin diperoleh.

"Semua yang Anda katakan dalam proses wawancara dapat membantu atau menyakiti Anda," kata Katie Donovan, pendiri Equal Pay Negotiations.

Dia menyebutkan, posisi tawar Anda akan menjadi lebih kuat setelah mereka menyukai Anda. Dan Anda pun membuktikan bahwa Anda adalah kandidat terbaik.

"Sekaranglah saatnya untuk mencoba dan mendapatkan segala yang kamu bisa untuk pekerjaan itu. Tetapi tidak sesaat sebelumnya," sebutnya.

Dia bahkan menyarankan bahwa pada lamaran kerja mengharuskan Anda mencantumkan ekspektasi gaji, lebih baik tulis nol.

Tetapi menghindari pembahasan soal gaji memang tidak selalu mudah. Perekrut dan manajer perekrutan dilatih untuk mendapatkan informasi hal ini dari Anda.

Jika pertanyaan diajukan pada awal proses, Donovan merekomendasikan untuk mengatakan bahwa Anda belum cukup tahu tentang pekerjaan itu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNN
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X