Wilayah Nunukan yang Berbatasan dengan Serawak Kini 100 Persen Berlistrik

Kompas.com - 15/04/2019, 08:44 WIB
Ilustrasi listrikShutterstock Ilustrasi listrik

JAKARTA, KOMPAS.com -  PT Perusahaan Listrik Negara PLN mengalirkan listrik kepada 332 pelanggan di Krayan Selatan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Dengan demikian wilayah yang berbatasan langsung dengan Serawak, Malaysia tersebut kini sudah 100 persen berlistrik.

Direktur Bisnis Regional Kalimantan Machnizon Masri mengungkapkan, listrik untuk Krayan Selatan disuplai oleh empat pembangkit diesel yang memasok dua desa. Yakni 2 x 63 kilo volt ampere (kVa) untuk Desa Long Layu dan 2 x 32 kVa untuk Desa Pa'Upan.

"Kini sebanyak 332 warga di sana telah menikmati listrik PLN," sebut Machnizon seperti dilansir Kontan.co.id, Senin (15/4/2019).

Peresmian listrik di Krayan Selatan ditandai dengan dinyalakannya kilo watt hour (kWh) meter milik salah satu warga pada Kamis (11/4/2019).

Baca juga: PLN: Tarif Listrik Bisa Turun Kalau Pemerintah Tambah Subsidi Rp 60 Triliun

Machnizon menyebutkan, melistriki daerah perbatasan tersebut tidak mudah karena akses yang sulit. Akses menuju ke wilayah tersebut hanya dapat dijangkau dengan pesawat udara dengan penerbangan perintis dengan jadwal penerbangan yang kerap kali sulit diprediksi waktu beroperasinya.

"Kami kirim material kelistrikan melalui jalur udara secara bertahap hingga lima kali pengangkutan. Kami laksanakan kegiatan pengiriman dan persiapan penyambungan sejak awal April lalu," ucapnya.

Adapun, listrik untuk Desa Long Layu dan Pa’ Upan di Krayan Selatan disambung kepada warga melalui jaringan tegangan rendah yang terbentang sepanjang 4.100 meter dan kabel sambungan rumah sepanjang 1.750 meter.

Listrik tersebut diharapkan bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat, apalagi listrik sangat dibutuhkan untuk kelancaran proses Pemilu dan Pilpres pada 17 April nanti. (Ridwan Nanda Mulyana)

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Perbatasan Kalimantan Utara-Malaysia kini 100% berlistrik



Sumber

Close Ads X