70 Persen Pembeli Mobil BMW Dilakukan secara Kredit

Kompas.com - 15/04/2019, 17:31 WIB
All New BMW X5 All New BMW X5

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW merupakan salah satu produsen mobil mewah. Rata-rata, mobil BMW dibandrol diatas Rp 500 juta.

Operation Manager BMW Astra, Teguh Widodo mengatakan, mayoritas konsumennya membeli mobil menggunakan skema kredit.

"Kalau di BMW sendiri total penjualan kita itu kredit porsinya 70 persen," ujar Teguh di Jakarta, Senin (15/4/2019).

Teguh menjelaskan, berdaskan hasil wawancaranya kepada para konsumen, mereka memilih membeli mobil secara kredit bukan karena tak memiliki uang.

"Kalau saya ajak ngobrol customer kenapa memilih kredit karena bukan karena enggak punya duit, tapi karena biar cash flow-nya terencana," kata Teguh.

Sementara itu, Direktur Konsumer Bank BRI, Handayani mengakui mayoritas masyarakat Indonesia lebih memilih membeli kendaraan secara kredit ketimbang tunai.

"Meskipun itu orang yang segemennya high network, mereka juga punya perhitungan-perhitungan, mencicil sama dengan hitung-hitung uang jajan bulanan. Dari pada digunakan ke yang tidak bermanfaat. Selain itu juga jadi afdorable, kalau misalnya tunai butuh uang yang banyak, akan memakan alokasi anggaran yang cukup besar. Tapi dicicil lebih tidak terasa," kata Handayani.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.