Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang, PT KAI Operasikan 11 Kereta Tambahan

Kompas.com - 16/04/2019, 08:33 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta mengoperasikan 11 kereta tambahan saat libur panjang di akhir pekan ini.

Pasalnya, saat libur panjang biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur ke luar kota menggunakan moda transportasi, salah satunya kereta api.

"Ada 5.512 tempat duduk (seat) maksimal per harinya yang ditambahkan untuk melayani para pengguna jasa KA" ujar Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa dalam keterangan tertulisnya, Selasa (16/4/2019).

Eva menambahkan, 11 KA Tambahan yang dioperasikan tersebut, 8 KA diberangkatkan dari Stasiun Gambir, dan 3 KA diberangkatkan dari Stasiun Pasarsenen dengan tujuan Bandung, Cirebon, Kutoarjo, Yogyakarta, dan Solo.

Baca juga: Tiket Kereta Lebaran Jakarta-Cirebon Tanggal Favorit Sudah Hampir Ludes

Sementara untuk KA reguler, per harinya telah disediakan total 34.804 seat, dari 58 KA keberangkatan baik dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. Ada 32 KA keberangkatan dari Stasiun Gambir dengan 15.286 seat yang disediakan. Sedangkan dari Stasiun Pasarsenen ada 26 KA dengan 19.518 seat yang disediakan.

"Tingkat keterisian tempat duduk di kedua stasiun mulai 15 sampai 21 April mencapai 76 persen, dimana pada 16 sampai 18 April sudah melebihi 90 persen. Sementara untuk 19 April tersisa sekitar 20 persen dari total tempat duduk yang disediakan," kata Eva.

Jumlah tiket yang terjual tersebut akan terus bertambah sejalan dengan ketersediaan tempat duduk yang masih ada dan pembelian tiket yang masih dapat dilakukan hingga menjelang keberangkatan kereta pada tanggal dan jam yang diinginkan oleh para calon pengguna jasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com