Taspen dan Kementerian ATR Sepakati Layanan Berbasis Elektronik

Kompas.com - 16/04/2019, 12:36 WIB
Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro dan Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil dalam penandatanganan kesepakatan layanan berbasis elektronik di Jakarta. Dok. TaspenDirektur Utama Taspen Iqbal Latanro dan Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil dalam penandatanganan kesepakatan layanan berbasis elektronik di Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan PT Taspen (Persero) menyepakati kerja sama pelayanan berbasis elektronik. Kerja sama ini juga dilakukan Kementerian ATR/BPN dengan sejumlah instansi lainnya.

Taspen dan Kementerian ATR/BPN bekerja sama dalam memberikan layanan dalam mengelola Jaminan Sosial untuk peserta Taspen di lingkungan Kementerian ATR/BPN.

“Dengan adanya MoU ini, akan ada percepatan dan kemudahan pegawai ASN di lingkungan kementerian ATR/BPN dalam menerima pembayaran manfaat Tabungan Hari Tua, Pensiun, Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian.” ujar Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro dalam pernyataannya, Selasa (16/7/2019).

Baca juga: 2018, Taspen Bukukan Laba Rp 271,55 Miliar

Iqbal menuturkan, dengan MoU pelayanan berbasis elektronik ini akan mempercepat proses penetapan suatu kecelakaan sebagai Jaminan Kecelakaan Kerja dan akan lebih cepat ditindaklanjuti oleh pihak Taspen.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018, Taspen bertugas untuk mengelola Jaminan Sosial bagi PPPK dan Non ASN pada instansi pemerintah termasuk yang ada pada Kementerian ATR/BPN.

"Hal ini sejalan dengan komitmen TASPEN untuk memberikan layanan terbaik bagi semua peserta," terang Iqbal.

Baca juga: Taspen Jadi Penyelenggara Jaminan Sosial untuk PPPK dan Tenaga Honorer

Beberapa Inovasi yang mengdepankan teknologi informasi yang dimiliki TASPEN antara lain TASPEN Mobile, Aplikasi Digital Otentikasi, SMS Notifikasi Taspen, E-Klaim, dan sebagainya.

Iqbal menjelaskan, pihaknya melakukan pembangunan dan pemeliharaan layanan web sebagai bagian dari pelaksanaan pelayanan berbasis elektronik kepada ASN.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X