Jonan dan Keluarga Kompak Pakai Baju Putih ke TPS, Ini Alasannya

Kompas.com - 17/04/2019, 11:04 WIB
Menteri ESDM Ignasius Jonan bersama istri saat hadir di TPS, Rabu (17/4/2019) KOMPAS.com/Ambaranie Menteri ESDM Ignasius Jonan bersama istri saat hadir di TPS, Rabu (17/4/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara 099 di SD Negeri Cipete Utara 011, Jakarta Selatan.

Ia tiba bersama istri dan dua anaknya di TPS pukul 09.22 WIB. Keempatnya kompak pakai baju atasan berwarna putih.

Begitu masuk ke TPS, ia langsung menuju bilik suara dan mencoblos empat surat suara untuk memilih Presiden-Wakil Presiden, anggota DPR, anggota DPRD Provinsi, dan anggota DPD. Jonan sempat kebingungan saat ingin mencoblos salah satu surat suara.

"Ini enggak ada fotonya?" kata Jonan.

Setelah mencoblos, ia memasukkan surat suara ke kotak suara dan mencelupkan telunjuknya ke tinta ungu.

Saat ditanya usai mencoblos, awak media bertanya mengapa Jonan dan keluarga kompak memakai baju putih. Jonan mengatakan, ia sengaja janjian dengan keluarganya untuk pakao baju atasan sama.

Jonan sendiri memakai kaus polo putih polos. Sementara istri dan anak memakai blus putih.

Ternyata, baju putih itu menunjukkan dukungan Jonam kepada kandidat nomor urut 01 Joko Widodo-Maruf Amin.

"Kan saya mendukung Pak Jokowi," kata Jonan.

Beberapa menteri kabinet kerja juga nampak mengenakan baju putih. Sebut saja di amtaranya, ada Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno.

Sebelumnya, saat kampanye, Jokowi mengimbau pendukungnya untuk menggunakan baju putih saat datang ke TPS. Mesko begitu, ia tak masalah jika warga tak memiliki baju tersebut. Asalkan, tetap mencoblos capres-cawapres yang berbaju putih pada surat suara, yang mana adalah Jokowi dan Maruf Amin.

"Saya ajak untuk memakai baju putih, karena yang mau dicoblos nantinya bajunya putih," kata Jokowi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X