Kompas.com - 17/04/2019, 14:22 WIB
Menteri ESDM Ignasius Jonan bersama istri saat hadir di TPS, Rabu (17/4/2019) KOMPAS.com/Ambaranie Menteri ESDM Ignasius Jonan bersama istri saat hadir di TPS, Rabu (17/4/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyimpan harapan besar bagi presiden terpilih dari Pemilu 2019.

Jonan mengakui bahwa ia memilih kandidat nomor urut 01 Joko Widodo dan Maruf Amin untuk Pilpres. Jika Jokowi terpilih lagi, Jonan berharap pekerjaan yang sedang ditangani saat ini maupun program yang berjalan akan terus berlanjut.

"Harapannya bisa melanjutkan pembangunan-pembangunan yang tetap berlandaskan keadilan sosial," ujar Jonan usai mencoblos di Cipete, Jakarta Selatan, Rabu (7/4/2019).

Baca juga: Jelang Pencoblosan, Jonan Minta PLN Monitor Pasokan Listrik Hingga ke TPS

Secara umum, kata Jonan, siapapun presiden terpilih nantinya harus meningkatkan pendidikan dan keterampilan vokasi bagi anak muda dan pekerja. Jonan mengatakan, negara Indonesia merupakan bangsa yang besar.

Jumlah angkatan pekerja lebih dari separuh penduduknya. Oleh karena itu, perlu diberi keterampilan dan ilmu yang mumpuni agar mampu bersaing secara global.

Apalagi belakangan muncul banyak industri baru yang mengandalkan kecanggihan teknologi dan efisiensi produksi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ini tidak bisa sifatnya hanya sekolah umum harus sekolah kejuruan," kata Jonan.

Baca juga: Jonan dan Keluarga Kompak Pakai Baju Putih ke TPS, Ini Alasannya

Dengan terciptanya sumber daya manusia yang berketerampilan, maka bisa diserap oleh lapangan kerja di industri-industri baru. Jonan mengatakan bahwa industri seperti telekomunikasi, IT, dan yang melibatkan internet of things tengah berkembang.

Sehingga manusianya pun harus mampu menyesuaikan diri.

"Juga punya keterampilan yamg bisa bersaing dengan negara lain. Cuma dua itu harapan saya," jelas Jonan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.