Pesan Pengusaha untuk Presiden Terpilih: Jangan Pilih Menteri yang Standar

Kompas.com - 18/04/2019, 17:36 WIB
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum mengumumkan pemenang pemilihan presiden (Pilpres) 2019. Namun, para pengusaha sudah punya harapan dan pesan terkait gambaran kabinet baru ke depan.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia ( Apindo) Hariyadi Sukamdani mengatakan, para pengusaha ingin agar kabinet pemerintahan 2019-2024 tidak diisi oleh orang-orang yang punya kompetensi standar.

"Yang jelas dia harus mempunyai kompetensi yang baik, yang luar biasa ya, karena kita enggak mau menteri yang biasa-biasa aja," ujarnya kepada Kompas.com, Jakarta, Kamis (17/4/2019).

Baca juga: Pengusaha Happy Jokowi Ungguli Prabowo di Hitung Cepat Pilpres

"Maunya yang memang kemampuan di atas rata-rata, yang memahami masalah dan bisa membuat terobosan dan serius untuk mendorong ekonomi kita ini tumbuh tinggi," sambung Hariyadi.

Apindo tidak mempersoalkan latar belakang menteri, apakah berasal dari partai politik atau bukan. Menurut Hariyadi, hal yang paling penting yakni kompetensi yang di atas rata-rata.

Dihubungi terpisah, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani mengharapkan menteri yang bisa menjalin sinergi dengan para pengusaha.

Baca juga: Pemilu 2019 Aman Damai, Pengusaha Kian Optimis

Hal ini dinilai sangat penting agar pemerintah dan pengusaha bisa bahu membahu membangun Indonesia.

"Tentunya yang bisa bersinergi dan berkomunikasi yang baik kepada dunia usaha sehingga kebijakan-kebijakan.pemerintah yang berhubungan dengan dunia usaha, impementasinya dapat berjalan dengan optimal," kata Rosan

Sebelumnya baik Apindo maupun Kadin mengapresiasi gelaran Pemilu 2019 yang berjalan aman dan damai. Hal ini menumbuhkan kepercayaan pengusaha untuk terus berinvestasi di Indonesia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X