Ekonomi Membaik, Ekspor Indonesia ke China Juga Meningkat

Kompas.com - 18/04/2019, 19:37 WIB
ilustrasi Thinkstockilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ekonomi China tumbuh 6,4 persen di kuartal I-2019. Hal ini utamanya didorong oleh produksi industri yang melonjak 8,5 persen secara tahunan pada Maret 2019 dan pertumbuhan tertinggi dalam 4,5 tahun terakhir.

Dari data Indonesia, perbaikan kondisi ekonomi Negeri Tirai Bambu tersebut tercermin dari kenaikan nilai ekspor yang cukup tinggi ke China.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat secara bulanan, pada Maret 2019 ekspor non-migas ke China naik 437,3 juta dollar AS. Angka tersebut merupakan pertumbuhan ekspor tertinggi, yang kemudian disusul ke Filipina dan Jepang. 

Baca juga: Di Luar Ekspektasi, Pertumbuhan Ekonomi China 6,4 Persen pada Kuartal I 2019

Sementara itu, nilai ekspor ke China pada Januari-Maret 2019 mencapai 5,24 miliar dollar AS atau setara 14,12 persen dari keseluruhan total nilai ekspor Indonesia.

"Ini sejalan dengan peningkatan produksi di China, kenaikan juga terjadi pada ekspor bahan bakar mineral," jelas Ekonom Asia Development Bank Institute (ADBI) Eric Sugandi saat dihubungi Kontan.co.id, Kamis (18/4/2019).

Dampaknya, neraca perdagangan Indonesia diprediksi akan membaik meskipun tidak menutup kemungkinan masih mengalami defisit.

"Dengan angka surplus di Februari dan Maret 2019, jika terjadi defisit full year-nya akan lebih kecil dari tahun lalu," imbuh dia.

Baca juga: Pelemahan Ekspor Asia Diprediksi Berlanjut hingga April 2019

Kendati angka pertumbuhan ekonomi China membaik, berdasarkan analisis Eric, masih akan melambat untuk keseluruhan tahun. Hanya saja perlambatannya mungkin akan mengecil. 

Sedangkan IMF memprediksi pertumbuhan ekonomi China 6,3 persen tahun ini. Melambat bila dibanding tahun lalu yang tercatat tumbuh 6,6 persen.

Di China pertumbuhan ekonomi menuju new normal 6 persen. Awalnya berdasarkan kebijakan untuk mengubah mesin utama pertumbuhan dari investasi dan ekspor ke konsumsi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X