Studi Ungkap Penyebab Utama Stres di Kantor

Kompas.com - 20/04/2019, 11:34 WIB
Ilustrasi stres dan gangguan kecemasan tuaindeedIlustrasi stres dan gangguan kecemasan

NEW YORK, KOMPAS.com - Bagi Anda para pegawai di perusahaan, karena sebagian besar waktu Anda dihabiskan di kantor, maka tak heran banyak pemicu stres berkembang di sana.

Bahkan, sebuah studi mengungkapkan bahwa para pegawai mengaku stres di tempat kerja menjadi permasalahan dalam hidup.

Dikutip dari Entrepreneur, Sabtu (20/4/2019), studi teranyar yang dilakukan Comparably, platform pencarian kerja, menemukan bahwa 65 persen pegawai menyatakan stres di tempat kerja menjadi masalah dalam hidup mereka.

Baca juga: Pekerjaan-pekerjaan Ini Picu Stres Akibat Deadline

Ketika ditanya tentang penyebab utama stres di kantor, jawaban yang muncul bukan perjalanan yang jauh atau manajemen yang buruk. Faktor-faktor tersebut berada pada peringkat kedua.

Sebanyak 41 persen responden menjawab bahwa alasan utama mereka stres adalah lantaran tujuan kerja yang tidak jelas. Kemudian pada peringkat ketiga adalah rekan kerja yang sulit diajak kerja sama, disusul jam kerja yang terlalu panjang.

Sepertiga responden perempuan dan hampir separuh responden laki-laki mengungkapkan bahwa tujuan kerja yang tidak jelas itu menciptakan stres yang lebih besar di kantor. Selain itu, lebih dari separuh responden perempuan dan separuh responden laki-laki mengaku merasa kelelahan akibat kerja keras.

Baca juga: Karyawan Perempuan Merasa Lebih Stres Dibandingkan Pria

Studi tersebut juga menemukan tipe stres yang Anda alami beragam berdasarkan tipe pekerjaan Anda. Akan tetapi, para eksekutif, admin, dan petugas customer service menempatkan tujuan kerja yang tak jelas sebagai penyebab utama stres.

Berdasarkan masa kerja, sebanyak 59 persen pegawai baru, yakni dengan pengalaman 1-3 tahun kerja, merasa stres dan lelah karena pekerjaan. Adapun bagi pegawai dengan masa kerja 6-10 tahun, presentasenya mencapai 56 tahun.

Sebanyak 54 persen pegawai dengan masa kerja 3-6 tahun pun mengaku merasa stres dan lelah.

Lalu, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga merasa stres akibat pekerjaan Anda di kantor?

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X