Gaji Lebih Kecil Dibanding Rekan Kerja? Mungkin ini Penyebabnya

Kompas.com - 21/04/2019, 11:04 WIB
Ilustrasi gaji zest_marinaIlustrasi gaji

JAKARTA, KOMPAS.com - Bekerja dan memiliki tanggung jawab bagi perusahaan, Anda juga tentu mendapatkan sejumlah gaji tetap setiap bulannya. Semua karyawan di dalam perusahaan akan memiliki tugas masing-masing dan berhak atas sejumlah gaji yang sesuai dengan tugas-tugas yang mereka kerjakan.

Namun, apa jadinya jika ternyata gaji Anda justru lebih kecil dari rekan kerja Anda yang lainnya di perusahaan tempat Anda bekerja?

Setiap perusahaan tentu akan memiliki kebijakan terkait dengan penetapan jumlah gaji yang diterima oleh karyawannya. Masing-masing karyawan bisa saja akan mendapatkan gaji yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya.

Lama kerja, pengalaman, tanggung jawab, dan berbagai hal lainnya merupakan beberapa poin yang kerap memengaruhi besaran gaji yang diterim oleh karyawan. Berbagai faktor inilah yang pada akhirnya kerap membuat perusahaan memiliki kebijakan agar para karyawannya merahasiakan jumlah gaji yang mereka terima setiap bulannya.

Alasannya tentu jelas, untuk menghindari berbagai masalah dan juga sikap-sikap tidak profesional yang mungkin saja timbul akibat kecemburuan di antara karyawan. Pahami dengan baik berbagai alasan yang membuat gaji Anda lebih kecil dari rekan kerja, sehingga Anda tidak merasa dirugikan.

Lalu, apakah gaji Anda benar-benar lebih kecil ketimbang rekan kerja? Jika ya, berikut ini kemungkinan yang jadi penyebabnya seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Belum Memiliki Pengalaman yang Cukup

Pengalaman kerja juga akan memengaruhi gaji, terutama jika Anda bekerja di perusahaan-perusahaan besar. Pengalaman ini biasanya akan memengaruhi kemampuan kerja seseorang, sebab seorang ahli tentu akan lebih profesional jika didukung dengan jam terbang yang juga sudah tinggi.

Jadi jangan kaget, jika ternyata Anda mendapatkan gaji yang lebih kecil dibandingkan rekan kerja yang sudah memiliki pengalaman lebih lama di bidang yang Anda geluti.

Baca Juga: 9 Cara Negosiasi Gaji untuk Pekerja Baru

2. Posisi atau Jabatan masih di Level Bawah

Posisi atau jabatan Anda di dalam perusahaan tentu akan sangat memengaruhi jumlah gaji yang akan Anda dapatkan setiap bulannya. Seorang manager pemasaran tentu tidak mungkin mendapatkan gaji yang sama dengan seorang staf penjualan biasa.

Gaji Anda akan mengikuti perkembangan karier Anda di dalam perusahaan. Semakin tinggi jabatan yang Anda pegang, maka akan semakin tinggi juga jumlah gaji yang bisa Anda dapatkan. Hal ini juga tentu dibarengi dengan jumlah tanggung jawab yang juga semakin besar.

3. Tidak Tahu Standar Gaji untuk Posisi yang Dijalani

Salah satu kesalahan yang lazim dilakukan karyawan hingga akhirnya mendapatkan gaji yang kecil di dalam perusahaan adalah tidak mencari informasi akurat terkait besaran gaji di perusahaan sesuai dengan posisi yang lamar.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X