Memburu Pekerjaan Baru...

Kompas.com - 22/04/2019, 07:08 WIB
Ilustrasi mencari pekerjaan fizkesIlustrasi mencari pekerjaan

KOMPAS.com - Mencari pekerjaan saat Anda sudah bekerja memang sulit dilakukan, apalagi Anda bekerja penuh waktu di perusahaan itu.

Dalam kenyataannya, banyak orang yang masih mencari pekerjaan meskipun bos di perusahaannya melarang. Lalu bagaimana Anda dapat mencari kerja di samping Anda masih bekerja di perusahaan lain?

Berdasarkan dara ZipRecruiter, mayoritas perburuan kerja terjadi dari jam 8 hingga jam 5 sore selama seminggu, puncak aktivitas terjadi dari jam 1 sampai jam 2 siang di aplikasi pencarian kerja online, dan hari Selasa adalah hari yang paling populer untuk mencari pekerjaan.

Baca juga: Ternyata, 3 Hal Ini yang Diperhatikan Gen Z saat Mencari Pekerjaan

Dikutip dari CNN, Senin (22/3/2019), berikut ini lamgkah-langkah mencari kerja yang lebih efisien.

1. Atur Batas

Berburu pekerjaan dapat mengambil beberapa waktu hidup Anda, sehingga membantu menentukan waktu tertentu.

"Buat batas waktu untuk pencarian kerja sehingga ada waktu mulai dan waktu selesai," kata seorang pakar karir Vicki Salemi.

Anda juga memerlukan waktu untuk memperbarui resume Anda atau menjadwalkan tanggal melamar pekerjaan. Selain itu, buat pencarian yang lebih mudah dengan mengatur notifikasi dari situs web pencari kerja. Dengan begitu, Anda mendapatkan posisi lamaran pekerjaan melalui email sehingga menghemat waktu Anda dari menjelajahi internet.

2. Jadwalkan wawancara secara strategis

Mengatur wawancara adalah hal pertama yang Anda lakukan. Bila Anda tengah bekerja, atur wawancara di pagi atau sore hari sehingga membuat Anda lebih mudah fokus pada pekerjaan Anda saat ini. Selain itu, Anda dapat menghindari mencari-cari alasan mengapa Anda pergi di tengah hari.

Melihat kantor tempat Anda wawancara setelah Anda pulang kerja juga dapat memberikan petunjuk tentang budaya perusahaan dan keseimbangan kehidupan kerja.

Namun, terkadang wawancara di tengah hari kerja tidak bisa dihindari.

"Cobalah untuk tidak melewatkan pertemuan di tempat kerja," ucap Joanne Meehl, seorang pelatih strategi karir.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNN
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X