5 Cara Manfaatkan "Network" untuk Dapat Pekerjaan Impian

Kompas.com - 22/04/2019, 14:34 WIB
Ilustrasi rekan kerjaGetty Images/iStockphoto/fizkes Ilustrasi rekan kerja

LONDON, KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, ada keengganan untuk memperoleh pekerjaan dari network alias jejaring. Namun, bagi sejumlah orang lainnya, jejaring sangat bermanfaat untuk kehidupan profesional.

Dilansir dari Cosmopolitan UK, Senin (22/4/2019), mengenal orang-orang yang berkecimpung di industri yang sama dengan Anda tak hanya akan memperkaya prospek karier masa depan dan meningkatkan kesempatan Anda. Tak ada salahnya juga menciptakan jejaring orang yang memiliki minat dan kehidupan yang sama dengan Anda.

Pakar karier dari LinkedIn Sarah Seymour memberikan sejumlah cara memanfaatkan jejaring untuk memperoleh pekerjaan impian Anda.

1. Ketahui apa yang bisa Anda tawarkan

"Ketika Anda menghadiri acara jejaring, ketahui apa yang bisa Anda tawarkan ke mereka. Pengalaman dan keahlian membuat Anda unik, dan bisa saja banyak orang yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang karya Anda," sebut Seymour.

Ia memberi contoh, Anda bisa menjelaskan tentang karier dan bidang keahlian Anda kepada para jejaring. Jangan sungkan menjelaskan prestasi Anda dan karier Anda saat ini, serta harapan Anda ke depan.

2. Persiapkan diri

Ketika Anda menghadiri acara jejaring, persiapkan diri dengan baik dan ingatlah nama lawan bicara Anda. Seymour menuturkan, jangan lupa juga untuk selalu berperilaku baik.

"Pastikan Anda menghadirkan perilaku yang bersahabat dan positif, bawa kartu nama Anda, dan jabat tangan dengan meyakinkan. Karena kartu nama seringkali hilang setelah acara, pastikan Anda terhubung dengan orang yang Anda temui di LinkedIn dan tulislah pesan tentang pembicaraan Anda dan dia," terang Seymour.

3. Gunakan beragam metode

Meski sudah berjejaring secara langsung di acara, pikirkan juga bagaimana Anda menggunakan kehadiran Anda secara online untuk terhubung dengan jejaring.

"Selain terhubung dengan orang yang pernah bertemu dan bekerja dengan Anda, pertimbangkan juga terhubung dengan orang lain di industri yang sama dengan mengirim pesan singkat yang menjelaskan mengapa Anda ingin terhubung dengan dia," ungkap Seymour.

Halaman Berikutnya
Halaman:



Close Ads X