Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Akan Beli Armada Airbus Seri A-400

Kompas.com - 22/04/2019, 15:32 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) bersama konsorsium akan membeli armada pesawat dari Airbus dengan tipe A400.

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Jasa Konsultasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Gatot Trihargo mengatakan, pembelian pesawat Airbus A400 dilakukan untuk menunjang bisnis kargo pertamina yang dikelola oleh anak perusahaannya, PT Pelita Air Service.

"Pertamina dan konsorsium kolaborasi (membeli Airbus A400)," ujar Gatot di Jakarta, Senin (22/4/2019).

Selain itu, Gatot mengatakan, Pertamina juga masih memiliki tanggung jawab untuk menjalankan program BBM satu harga di Papua.

Proses pembelian pesawat ini akan dieksekusi pada tahun 2020. Namun, dia belum mau membeberkan berapa jumlah armada yang akan dibeli oleh Pertamina.

"Kan selama ini kargo ke Papua dan 3T itu kan kita kesulitan untuk membawanya. Sekarang sudah sinergi dengan Pelni, nanti ke depan yang besar-besar bisa pakai kargo," ujar dia.

Sebagai informasi, tahun ini Kementerian BUMN akan membentuk holding penerbangan. Adapun Pelita Air juga akan menjadi bagian dari holding tersebut bersama dengan PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II, dan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. PT Survai Udara Penas dikabarkan akan menjadi induk dari holding penerbangan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com