Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Jadi Influencer? Simak Tips Suksesnya

Kompas.com - 22/04/2019, 16:13 WIB
Fika Nurul Ulya,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di era digital, bisnis bisa dibangun dengan berbagai macam cara salah satunya membangun citra diri sendiri (personal branding) yang kerap dilakukan para influencer.

Namun, tidak semua orang berhasil membangun citra diri. Untuk menjadi influencer, membangun citra diri yang baik memerlukan beberapa langkah khusus.

Menurut Arief Muhammad, salah satu influencer dan penulis buku, menjadi influencer yang baik perlu mempertimbangkan citra apa yang ingin dibuat di masyarakat.

Baca juga: Tokopedia Mudahkan Semua Orang Jadi Influencer

"Sekarang di sosial media buat jadi terkenal sudah banyak caranya, dari cara-cara yang paling aneh sampai cara yang benar. Pertanyannya kita mau dikenal orang seperti apa? Orang dengan sensasi atau dengan karya," ucap Arief  di Jakarta, Senin (22/4/2019).

Arief mengatakan, dirinya lebih memilih membangun citra diri sebagai orang yang berkarya. Dengan membuat karya, dia juga bisa memberikan edukasi kepada masyarakat sekaligus berbisnis.

Selain membangun citra diri yang baik, Arief menyarankan untuk konsisten. Menurutnya, influencer yang sudah besar seringkali melewati proses yang tidak mudah.

Namun demikian, dengan konsistensi, bisnis ini akan berjalan lancar.

Baca juga: Agar Bisnis Lancar, Ini Cara Kerja Sama dengan Influencer

"Semua influencer yang sudah sukses pasti melewati beberapa proses yang enggak mudah. Jadi kalau misalnya kita baru mencoba beberapa waktu terus gagal, tetap coba lagi. Karena orang berbisnis pasti pernah mengalami kegagalan. Konsisten saja dulu," jelas Arief.

Setelah citra berhasil terbentuk, Arief menyarankan untuk tidak mengubah citra tersebut selama itu baik. Bila ingin berbisnis dengan orang lain, usahakan selalu sesuai dengan citra awal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com