Kompas.com - 22/04/2019, 16:13 WIB
Tokopedia ByMe Icon, Cinta Laura dan Arif Muhammad (kiri dan kanan) serta Cyntia Limin (tengah), Bussiness Tribe Lead for Category & Content Tokopedia saat peluncuran fitur Tokopedia ByMe di Menara Tokopedia Jakarta, Senin (22/4/2019) Fika Nurul UlyaTokopedia ByMe Icon, Cinta Laura dan Arif Muhammad (kiri dan kanan) serta Cyntia Limin (tengah), Bussiness Tribe Lead for Category & Content Tokopedia saat peluncuran fitur Tokopedia ByMe di Menara Tokopedia Jakarta, Senin (22/4/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Di era digital, bisnis bisa dibangun dengan berbagai macam cara salah satunya membangun citra diri sendiri (personal branding) yang kerap dilakukan para influencer.

Namun, tidak semua orang berhasil membangun citra diri. Untuk menjadi influencer, membangun citra diri yang baik memerlukan beberapa langkah khusus.

Menurut Arief Muhammad, salah satu influencer dan penulis buku, menjadi influencer yang baik perlu mempertimbangkan citra apa yang ingin dibuat di masyarakat.

Baca juga: Tokopedia Mudahkan Semua Orang Jadi Influencer

"Sekarang di sosial media buat jadi terkenal sudah banyak caranya, dari cara-cara yang paling aneh sampai cara yang benar. Pertanyannya kita mau dikenal orang seperti apa? Orang dengan sensasi atau dengan karya," ucap Arief  di Jakarta, Senin (22/4/2019).

Arief mengatakan, dirinya lebih memilih membangun citra diri sebagai orang yang berkarya. Dengan membuat karya, dia juga bisa memberikan edukasi kepada masyarakat sekaligus berbisnis.

Selain membangun citra diri yang baik, Arief menyarankan untuk konsisten. Menurutnya, influencer yang sudah besar seringkali melewati proses yang tidak mudah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun demikian, dengan konsistensi, bisnis ini akan berjalan lancar.

Baca juga: Agar Bisnis Lancar, Ini Cara Kerja Sama dengan Influencer

"Semua influencer yang sudah sukses pasti melewati beberapa proses yang enggak mudah. Jadi kalau misalnya kita baru mencoba beberapa waktu terus gagal, tetap coba lagi. Karena orang berbisnis pasti pernah mengalami kegagalan. Konsisten saja dulu," jelas Arief.

Setelah citra berhasil terbentuk, Arief menyarankan untuk tidak mengubah citra tersebut selama itu baik. Bila ingin berbisnis dengan orang lain, usahakan selalu sesuai dengan citra awal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.