10 Tips dan Trik agar Sukses di Pekerjaan Pertama Anda

Kompas.com - 23/04/2019, 07:07 WIB
IlustrasiGetty Images/iStockphoto/Vasyl Dolmatov Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masa transisi dari dunia sekolah ke dunia pekerjaan adalah salah satu proses yang harus dilewati dalam kehidupan. Anda akan memasuki dunia yang sama sekali baru, dunia yang terlihat dan terasa sangat berbeda.

Di sekolah, mungkin Anda adalah pelanggan. Anda mengeluarkan uang untuk mendapatkan layanan pendidikan.

Namun di tempat kerja, Anda adalah penyedia layanan. Perusahaan membayar Anda untuk memberikan layanan. Di sekolah, Anda memiliki kendali waktu, di tempat kerja, kendali itu sebagian besar beralih ke atasan Anda.

Di sekolah, mungkin Anda diberi informasi tentang bagaimana mendapatkan kesuksesan di dunia kerja. Namun, tata cara mendapat kesuksesan di dunia kerja merupakan hal yang sulit dijabarkan.

Baca juga: Ini 10 Pekerjaan Unik di Dunia, Tukang Minta Maaf hingga Penyewaan Pacar

Mempelajari apa yang diperlukan untuk sukses di perusahaan baru Anda merupakan hal yang sangat penting. Berikut strategi untuk mendapat kesuksesan di tempat pertama kali Anda kerja:

1. Menerima status sebagai pemula

Para pelajar atau mahasiswa yang baru lulus kuliah kerap tak sabar begitu mendapatkan pekerjaan yang berat. Disarankan, jangan menolak untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang berat ketika baru masuk kerja.

Sebab, sebagai pemula rekan kerja Anda tidak akan langsung percaya untuk memberikan Anda pekerjaan yang memiliki tanggung jawab besar. Ini merupakan ujian yang harus dilewati. Anda baru dapat memamerkan bakat setelah membuktikan kemampuan Anda untuk memberikan kontribusi positif untuk perusahaan.

2. Menjaga hubungan dengan bos Anda

Bos Anda memiliki pengaruh besar terhadap keberhasilan dan perkembangan Anda di perusahaan. Membangun hubungan kerja yang kuat dan produktif dengannya adalah satu-satunya cara paling efektif untuk mempercepat kesuksesan Anda di perusahaan mana pun.

Atas dasar itu, ada baiknya kenali apa yang disukai bos dan apa yang dia harapkan dari Anda. Kemudian, buat itu jadi prioritas, dan lakukan pekerjaan yang diharapkan bos Anda. Demikian pula, cari tahu preferensi komunikasi dan gaya kerja mereka.

Jika tidak yakin apa yang bos Anda inginkan , tanyalah dengan rekan kerja yang lain untuk mengetahui preferensi dan prioritas dari bos Anda.

3. Tunjukan sikap positif

Halaman:



Close Ads X