Ini 8 Cara Mengatur Keuangan Anda

Kompas.com - 23/04/2019, 11:37 WIB
Ilustrasi uang psphotographIlustrasi uang

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengontrol keuangan sebetulnya tidaklah sulit, asalkan Anda tahu dasar-dasarnya.

Penulis dan pakar keuangan Beth Kobliner, memberikan 8 tips mengontrol keuangan pribadi dalam bukunya 'Get a Financial Life: Personal Finance In Your Twenties and Thirties' kepada pembaca seperti dilansir dari Bussiness Insider, Selasa (23/4/2019).

Cara mengontrol uang ala Beth Kobliner mencakup kiat menghemat uang, melunasi utang, berinvestasi di pasar saham, dan membeli asuransi. Jadi mulailah menghemat uang dengan 8 cara ini.

1. Buatlah asuransi kesehatan

Setiap orang disarankan memiliki asuransi kesehatan. Kobliner mengatakan, mendaftarkan asuransi diri harus menjadi prioritas keuangan nomor satu. Asuransi kesehatan sangat melindungi Anda maupun keluarga Anda dari kecelakaan atau sakit tak terduga yang menguras kantong.

Beruntungnya, saat ini telah banyak perusahaan yang menjamin kesehatan karyawannya melalui asuransi yang didaftarkan perusahaan. Sehingga pembayaran asuransi dibagi dua dengan perusahaan.

Namun, sebelum mendaftar, pastikan Anda memahami biaya dan tingkat rencana, termasuk pemotongan gaji untuk asuransi tersebut. Setelah itu, pastikan kode faskes yang Anda pilih telah sesuai dengan rumah sakit yang Anda tuju.

2. Cerdaslah dalam melunasi utang

Kobliner mengataka,n salah satu langkah finansial paling cerdas yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan sisa dana setelah menutupi pengeluaran Anda untuk melunasi pinjaman berbunga tinggi atau utang.

Namun, pengeluaran Anda juga harus diperhatikan agar pembayaran utang menjadi lancar.

“Alasannya sederhana, Anda dapat menghemat lebih banyak dengan melunasi pinjaman daripada menabung dan berinvestasi. Karena tingkat bunga pinjaman bisa mencapai 15 persen setara dengan yang didapat dari investasi," Kata Kobliner.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X