Elon Musk: Tahun Depan Tesla Bakal Produksi Taksi Robot

Kompas.com - 23/04/2019, 12:32 WIB
Elon Musk, CEO SpaceX. Business InsiderElon Musk, CEO SpaceX.

WASHINGTON, KOMPAS.com - CEO Tesla Elon Musk salam sebuah acara bersama dengan investor mengatakan, perusahaannya bakal memproduksi taksi robot tanpa sopir tahun depan.

Seperti dikutip dari CNN, taksi tanpa sopir tersebut akan bersaing dengan perusahaan penyedia jasa transportasi on-demand seperti Uber dan Lyft.

Musk mengatakan, dengan adanya sistem robotik tersebut, pemilik Tesla bisa menggunakan mobilnya sebagai salah satu sumber pendapatan ketika mobil tersebut tidak dikendarai.

Program yang telah diatur oleh Tesla akan mengizinkan pemilik mobil untuk menyewakan mobil tersebut dengan Tesla akan mengambil potongan pendapatan, kemudian sisa uang dari penyewaan tersebut akan masuk ke pemilik kendaraan.

Baca juga: Bluebird Luncurkan Taksi Mobil Listrik, Bagaimana Tarifnya?

"Membeli mobil selain Tesla akan menjadi hal yang tak wajar secara finansial. Memiliki Tesla akan seperti memiliki kuda dalam tiga tahun ke depan," ujar Musk.

Tesla memperkirakan taksi robot tersebut akan bertahan selama 11 tahun, dan mampu berkendara hingga 1 juta mil serta menghasilkan laba kotor 30.000 dollar AS per mobil per tahun.

Musk mengatakan, produksi mobil tak bersopir yang direalisasikan tahun depan sebenarnya telah melampaui target internal perusahaan. Musk juga mengatakan dia berharap untuk bisa meyakinkan regulator pada akhir tahun depan bahwa Tesla otomatis ini cukup aman daripada pengemudi manusia.

Musk pun mengakui molornya realisasi dari produksi mobil otomatis tersebut

"Satu-satunya kritik dan itu adil, kadang-kadang saya tidak tepat waktu. Tapi saya menyelesaikannya dan tim Tesla menyelesaikannya," kata Musk.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNN
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X