Perkuat Akses Pasar dan Investasi Jasa, Menteri Ekonomi ASEAN Teken Perjanjian Perdagangan Jasa

Kompas.com - 24/04/2019, 11:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Para Menteri Ekonomi ASEAN sepakat untuk memperkuat perdagangan jasa antarnegara di kawasan Asia Tenggara. Hal ini diwujudkan dalam penandatanganan perjanjian perdagangan jasa ASEAN atau ASEAN Trade in Services Agreement (ATISA).

Pendandatanganan dilakukan di sela pertemuan ASEAN Economic Minister (AEM) Retreat ke-25 di Phuket, Thailand, Selasa (23/4/2019). 

Penandatanganan ini dilakukan bersamaan dengan penandatanganan protokol keempat amandemen perjanjian investasi komprehensif ASEAN atau ASEAN Comprehensive Investment Agreement (ACIA).

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, dalam perjanjian ini, para negaa Asia Tenggara berkomitmen untuk mendongkrak perdagangan di bidang jasa, meliputi akses pasar hingga investasi. 

“ATISA akan meningkatkan akses pasar, investasi serta peluang yang lebih luas bagi penyedia jasa  dalam negeri ke sesama negara anggota ASEAN,” ujar Enggar dalam keterangan tertulis, Rabu (24/4/2019).

Enggar mengatakan, perjanjian ini dapat mengatasi hambatan bagi penyedia jasa di ASEAN, khususnya Indonesia. Selain itu, juga dapat menciptakan iklim usaha yang stabil dan dapat diprediksi untuk perdagangan jasa.

Dengan adanyankesepakatan ini, maka negara-negara terkair mempersiapkan integrasi dan liberalisasi sektor jasa di masa depan untuk ASEAN. Menurut Enggar, implementasi ATISA akan mendorong transparansi sekaligus berpotensi meningkatkan akses pasar bagi penyedia jasa di ASEAN. 

"Selain itu, konsumen di sektor jasa mendapatkan keuntungan karena meningkatnya variasi pilihan atas produk-produk jasa yang terliberalisasi dan ditawarkan di ASEAN,” kata Enggar. 

Saat diimplementasikan, ATISA akan menjadi bagian ketiga dan final dari “troika” Perjanjian ASEAN. Hal ini akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan integrasi sektor di ASEAN bersama dengan perjanjian perdagangan barang ASEAN dan ACIA.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.