Ketidakpastian Global Masih Membayangi, BI Diprediksi Tahan Suku Bunga

Kompas.com - 24/04/2019, 18:06 WIB
Logo Bank Indonesia (BI). KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANLogo Bank Indonesia (BI).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia ( BI) diprediksi masih mempertahankan sikapnya dalam Rapat Dewan Gubernur terkait suku bunga. Suku bunga 7 days repo rate diperkirakan tetap bertengger di posisi 6 persen.

Pakar Strategi DBS Group Research Duncan Tan mengatakan, kemungkinan itu muncul lantaran masih ada kecenderungan ketidakpastian global.

"Untuk saat ini, kami berpendapat bahwa BI kemungkinan mempertahankan kebijakannya pada tahun ini, karena ketidakpastian global tetap membayangi arus perdagangan dan modal," ujar Tan dalam keterangan tertulis, Rabu (24/4/2019).

Baca juga: Inflasi Rendah, Gejolak Global Mereda, Kok Suku Bunga Acuan BI Tidak Turun?

Selain itu, masih ada risiko terhadap defisit transaksi berjalan yang tak bisa diabaikan begitu saja. Menurut Tan, saat ini diperlukan lebih banyak data neraca perdagangan untuk menyimpulkan sebaliknya.

Sementara itu, ke depan inflasi diprediksi masih berada di taraf aman meski kemungkinan ada kenaikan menjelang Ramadhan dan hari raya Idul Fitri. Adapun Indeks Harga Konsumen per 19 Maret tercatat di tingkat 2,5 persen secara tahunan, tepat di batas bawah BI.

"Kami berpendapat bahwa inflasi akan tetap di bawah 3 persen, jauh di bawah batas atas BI, yang sebesar 4,5 persen," kata Tan.

Baca juga: BI Tahan Suku Bunga Acuan Tetap 6 Persen

Di sisi lain, lanjut dia, neraca perdagangan mencatat surplus dalam dua bulan berturut-turut berkat harga minyak. Harganya relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan kuartal IV 2018.

Ditambah lagi dampak pelemahan rupiah, yang akhirnya memengaruhi harga dan permintaan impor.

Meski begitu, menurut Tan, faktor yang patut diwaspadai ke depannya adalah perkembangan neraca perdagangan dan neraca berjalan.

"Karena Bank Sentral AS berubah haluan dan lebih mendukung pertumbuhan dan di dalam negeri rupiah dan inflasi berada dalam tingkat nyaman bagi BI," ungkap Tan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X