Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Indonesia Akhirnya Raup Laba Bersih, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 24/04/2019, 18:32 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Garuda Indonesia Group meraih laba bersih sebesar 19,7 juta dollar AS pada kuartal I 2019 ini. Angka tersebut naik signifikan dibanding periode yang sama pada tahun lalu dimana maskapai plat merah itu merugi hingga 64,3 juta dollar AS.

“Pertumbuhan laba tersebut sejalan dengan peningkatan pendapatan usaha perseroan yang tumbuh sebesar 11,9 persen menjadi 1,09 miliar dollar AS,” ujar VP Corporate Secretary Garuda Indonesia, M. Ikhsan Rosan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (24/4/2019).

Ikhsan menjelaskan, kinerja positif tersebut ditunjang dari lini pendapatan layanan penerbangan berjadwal sebesar 924,9 juta dollar AS, atau tumbuh sebesar 11,6 persen dibandingkan periode yang sama.

Selain itu, perseroan juga mencatatkan pertumbuhan signifikan pada kinerja ancillary revenue dan pendapatan anak usaha lainnya sebesar 27,5 persen dengan pendapatan mencapai 171,8 juta dollar AS. 

Baca juga: CT Tolak Laporan Keuangan Garuda Indonesia, Apa Sebabnya?

Outlook kinerja positif yang dicapai perseroan turut sejalan dengan strategi bisnis jangka pendek Garuda Indonesia bertajuk “Quick Wins Priorities” dalam menunjang akselerasi bisnis perusahaan yang berfokus pada tiga hal, yaitu transformasi budaya perusahaan melalui pengembangan SDM, proses, dan teknologi.

Lalu peningkatan pendapatan, dan terakhir memperbaiki struktur biaya namun tetap memprioritaskan pelayanan kepada pelanggan.

Sebelumnya, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk merombak susunan direksinya. Hal tersebut dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang dilakukan hari ini, Rabu (24/4/2019).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com