BTN Dukung Layanan Digital di Perguruan Tinggi di Sumbar

Kompas.com - 24/04/2019, 20:48 WIB
Direktur Utama BTN Maryono dalam kuliah umum di Universitas Andalas, Rabu (24/4/2019). Dok. BTNDirektur Utama BTN Maryono dalam kuliah umum di Universitas Andalas, Rabu (24/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk memandang dunia pendidikan perlu dibekali pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan di era industri 4.0. Dengan demikian, lulusannya mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi digital.

Direktur Utama BTN Maryono mengatakan dunia mengalami revolusi teknologi yang cepat dalam dua abad terakhir, yang mengubah cara manusia bekerja, berkehidupan dan berinteraksi satu sama lain. 

“Revolusi teknologi digital ini menimbulkan disrupsi pada hampir seluruh bidang bisnis di dunia,” kata Maryono dalam pernyataannya pada kuliah umum di Universitas Andalas, Rabu (24/4/2019).

Baca juga: Tumbuh 5,6 Persen, Laba BTN Rp 723 Miliar di Kuartal I 2019

Menurut Maryono, dalam menghadapi disrupsi tersebut, diperlukan terobosan dalam gaya kepemimpinan dan cara memimpin organisasi. 

Maryono menambahkan, Leadership 4.0 merupakan solusi pendekatan gaya kepemimpinan dalam menghadapi era digitalisasi. 

"Seorang pimpinan harus mampu menyederhanakan proses pengambilan keputusan. Digital leaders akan cenderung lebih transparan dan akan mendistribusikan pengambilan keputusan di seluruh bagian organisasi," jelas Maryono.

Baca juga: Gandeng Telkom, BTN Genjot Pendapatan Non Bunga

Kemudian, pimpinan harus mendengarkan para pegawai muda. Generasi milenial akan menduduki 50 persen dari angkatan kerja saat ini, dan mereka akan mempunyai kendali untuk mengubah budaya korporasi. Terakhir, berinvestasi pada teknologi generasi masa depan. 

BTN pun mendukung pembekalan mahasiswa di era industri 4.0 dengan mendirikan BTN Zone di lingkungan kampus. Salah satunya di Kampus Universitas Andalas, di mana mahasiswa dapat berinteraksi secara digital dalam memenuhi kebutuhannya dengan layanan transaksi perbankan one stop service melalui BTN Zone tersebut.

BTN membidik Universitas Andalas dan Universitas Negeri Padang dalam kerja sama pemanfaatan BTN Zone untuk membantu kebutuhan mahasiswa dalam layanan digital di lingkungan kampus. 

Baca juga: Kampanye Open Source ke Kampus untuk Genjot Tenaga Ahli TI

"Semua terlayani serba digital sehingga untuk kebutuhan mahasiswa di lingkungan kampus tidak harus pergi keluar untuk melakukan transaksi perbankan. BTN Zone menjadi solusi kemudahan dan kecepatan dalam layanan perbankan secara one stop service,” tutur Maryono.

Sementara itu Rektor Universitas Andalas Tafdil Husni mengungkapkan salah satu kunci keberhasilan adalah orang yang menguasi teknologi dan ke depan perlu didorong agar dunia pendidikan untuk menguasai teknologi. Karena itu, kerja sama dengan BTN sangat penting dilakukan dalam rangka sinergi.

“Sekarang bisnis sukses itu adalah siapa yang cepat menguasai teknologi, dia yang terdepan,” ungkap Tafdil.

 

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X