Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren KTA Meningkat Jelang Lebaran, BRI Ingin Saingi Pinjol

Kompas.com - 25/04/2019, 08:35 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia memprediksi pengajuan Kredit Tanpa Agunan (KTA) akan meningkat menjelang pada kuartal II 2019. Hal ini disebabkan adanya momentum Ramadhan dan hari raya Idul Fitri.

Direktur Konsumer Bank BRI Handayani mengatakan, pihaknya telah menyiapkan strategi menghadapi lonjakan permintaan KTA tersebut.

"Q-II ada Ramadhan dan Lebaran, kemudian tahun ajaran baru, biasanya kredit tanpa agunan ini permintaannya meningkat. Jadi harapannya di Q-II ini akan meningkat lebih banyak," ujar Handayani di Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Handayani mengatakan, agar proses pengajuan dan pencairan KTA lebih cepat, mereka mengandalkan digitalisasi perbankan melalui produk BRISpot. Diketahui, kinerja segmen mikro BRI salah satunya didorong aplikasi tersebut.

BRISpot membuat proses kredit mikro lebih cepat, efisien, paperless dan digital base. Bahkan, saat ini seluruh tenaga pemasar mikro BRI telah menggunakan BRISpot dalam melakukan proses kredit.

"Tahun ini kita rull menggunakan BRISpot untuk percepatan proses, jadi kita mendigitalisasi semua proses," kata Handayani.

Handayani mengatakan, BRI terus mengoptimalkan kinerja BRISpot agar bisa melayani pengajuan kredit lebih cepat. Ia ingin prosesnya dipangkas dari waktu dua hari menjadi hitungan jam saja.

Dengan demikian, BRISpot bisa menyaingi kinerja peer-to-peer lending atau aplikasi pinjaman online yang menjamur saat ini.

"Ini harapannya bisa menyaingi fintech-fintech yang juga memberikan kredit tanpa agunan yang sangat agresif di market," kata Handayani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com