Ini Cara Minimalisir Penipuan Saat Beli Gawai di Media Sosial

Kompas.com - 25/04/2019, 13:35 WIB
Ilustrasi bisnis online THINKSTOCKIlustrasi bisnis online

JAKARTA, KOMPAS.com - Di era digital, pembelian gawai pun bisa dilakukan di media sosial. Namun, masih banyak orang yang tertipu saat membeli produk gawai maupun produk elektronik lainnya.

Untuk meminimalisir hal itu, berikut Kompas.com rangkum tips ala Eric Lee, Head of e-Commerce and Digital Marketing Erafone.com, salah satu retailer ponsel dan barang elektronik besar di Indonesia.

1. Lihat Garansi

Saat membeli gawai, pastikan gawai yang Anda beli sudah memiliki garansi. Biasanya, produsen asli barang tersebut selalu memberikan garansi mulai dari 14 hari hingga 12 bulan.

"Yang harus kita perhatikan itu, kita mudah membeli tapi mudah juga mengembalikan. Pastikan ada garansinya, ini akan jadi senjata saat barang yang kita beli enggak sesuai harapan," kata Eric Lee, Head of e-Commerce and Digital Marketing Erafone.com di Jakarta, Rabu (24/4/2019).

2. Lihat Harga

Jangan mencari harga yang semata-mata murah. Sebab, harga yang murah inilah yang harus diwaspadai barang tersebut palsu atau tidak.

Kebanyakan, penipuan online terjadi saat harganya tidak masuk akal dan memberikan diskon besar-besaran. Ujung-ujungnya, pelaku tidak menjual barang tersebut dan uang Anda tidak bisa kembali.

"Jadi kalau menemukan harga atau diskon yang enggak masuk akal, misalnya diskon sampai 50 persen, itu biasanya sudah terlihat kalau itu penipuan," ucap Eric.

3. Usahakan Beli di Peritel Asli

Membeli di perital atau produsen asli biasanya mengecilkan potensi penipuan. Bila Anda membeli di media sosial, pastikan Anda membeli di official store.

"Kalau beli di instagram biasanya official account itu ada blue tick-nya (centang biru). Berarti itu sudah diverifikasi oleh instagram bahwa akun itu memang asli. Usahakan membeli di sana," ujar Eric.

Bila tidak bisa membeli di akun asli, usahakan Anda melihat ulasan dan rating dari setiap konsumen yang pernah membeli di toko tersebut. Biasanya, toko-toko menyediakan ulasan maupun testimoni dari para pelanggannya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X