Kompas.com - 25/04/2019, 19:15 WIB
Ilustrasi kredit pemilikan rumah (KPR) THINKSTOCKS/SARINYAPINNGAMIlustrasi kredit pemilikan rumah (KPR)

JAKARTA, KOMPAS.com - Portofolio kredit PT Bank Central Asia Tbk pada kuartal I 2019 meningkat 13,2 persen secara tahunan (yoy) menjadi Rp 532 triliun.

Pertumbuhan ini salah satunya ditopang oleh pertumbuhan kredit investasi yang tinggi sebesar 20,3 persen (yoy) pada Maret 2019.

"Pertumbuhan kredit usaha pada segmen korporasi sebesar 15,8 persen (yoy) menjadi Rp 207,8 triliun," ujar Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja dalam paparan kinerja BCA di Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Baca juga: Risikonya Tinggi, BCA Belum Berani Bikin Kredit Online

Selain itu, kredit komersial dan UKM juga mengalami peningkatan sebesar 14,7 persen menjadi Rp 184,7 triliun. Jahja mengatakan, meskipun dihadapkan tantangan tingkat suku bunga yang lebih tinggi, kredit konsumer tumbuh 7,7 persen menjadi Rp 139,7 triliun.

Pada segmen konsumer, KPR tumbuh 11,3 persen menjadi Rp 86,5 triliun. Kredit Kendaraan Bermotor juga masih tumbuh sekitar 0,4 persen menjadi Rp 48 triliun di kuartal l 2019.

"Pada periode yang sama, outstanding kartu kredit tumbuh 9 persen (yoy) menjadi Rp 12,9 triliun," kata Jahja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: BCA Salurkan Kredit Modal Kerja Rp 7,1 Triliun untuk Pupuk Indonesia

Di tengah pertumbuhannya yang tinggi, BCA tetap menjaga kualitas kredit dengan rasio.kredit bermasalah (NPL) sekitar 1,5 persen. Sementara rasio cadangan terhadap kredit bermasalah atau loan loss coverage tercatat pada level yang memadai sebesar 171,4 persen.

Jahja mengataman, ke depannya, BCA masih akan mengandalkan digitalisasi dalam pengembangan produk dan layanan mereka.

"BCA terus mengembangkan produk dan Iayanan dengan berfokus pada peningkatan customer experience dan kenyamanan nasabah," jelas Jahja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.