Jelang Puasa, Berapa Banyak Stok BBM dan Elpiji?

Kompas.com - 25/04/2019, 20:00 WIB
Ilustrasi SPBU KOMPAS/PRIYOMBODOIlustrasi SPBU

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketersediaan bahan bakar minyak ( BBM) dan elpiji selalu mendapatkan perhatian lebih jelang bulan puasa atau Ramadhan. Sebab, keduanya begitu dibutuhkan.

BBM misalnya dibutuhkan untuk memenuhi konsumsi bahan bakar saat musim mudik Labaran. Tak hanya untuk kendaraan mobil atau motor, bahan bakar juga dibutuhkan untuk pesawat (avtur).

Sedangkan elpiji dibutuhkan untuk memasak jelang berbuka puasa atau sahur. Selain itu, biasanya penggunaan elpiji juga tinggi jelang Hari Raya Idul Fitri.

Baca juga: Truk hingga 200 Motor Pengantar BBM Disiapkan Selama Musim Mudik

Meski begitu, Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto memastikan bahwa ketersediaan BBM dan elpiji selama Ramadhan cukup.

Untuk memastikan distribusi BBM dan elpiji lancar, Agung mengatakan akan ada petugas yang melakukan pementauaan dari posko-posko khusus yang dibuka mulai H-15 hingga H+15 Lebaran.

"Kementerian ESDM akan menyediakan BBM, elpiji maupun listrik, gas baik dan cukup," ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Baca juga: Siapkan Rp 1,2 Triliun, Pertamina Bangun 4 Terminal Elpiji di Indonesia TImur

Ia pun membeberkan data stok BBM dan elpiji saat ini. Ia memastikan stok tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Berikut stok BBM dan elpiji.

  • Premium 27 hari
  • Pertalite 21 hari
  • Pertamax 20 hari
  • Pertamax Turbo 38 hari
  • Bio Solar 24 hari
  • Pertamina Dex 47 hari 
  • Avtur 28 hari
  • Elpiji 360.000 metrik ton lebih

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X