Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senin, Jokowi Akan Lakukan Pendaratan Perdana di Bandara Baru Yogyakarta

Kompas.com - 26/04/2019, 13:59 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo akan melakukan pendaratan untuk yang pertama kalinya di New Yogyakarta Internasional Aiport (NYIA) Kulonprogo pada Senin (29/4/2019).

Jokowi melakukan pendaratan pertama itu sekaligus akan meresmikan bandara tersebut. Setelah Jokowi mendarat, maka bandara tersebut akan langsung dioperasionalkan.

"Bandara itu akan dioperasikan pertama hari Senin. Insyaallah bapak presiden akan landing pertama kali di sana. Iya hari itu juga (dibuka untuk umum)," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Jumat (26/4/2019).

Budi menambahkan, untuk sementara ini, akan ada lima maskapai yang akan melayani penerbangan di NYIA. Namun, kelima maskapai tersebut baru melayani penerbangan domestik.

"Setelah itu ada lima penerbangan yang datang dan pergi. Yang sudah tercatat, satu dari Citilink, dari AirAsia, dari Batik, dan Lion. Rutenya dalam negeri dulu, dari Jakarta, Bali, Kalimantan," kata Budi.

Dari segi kesiapan operasional, pembangunan sisi udara NYIA sudah rampung.

"Saya lihat runway sudah selesai, panjangnya 3.250 meter, lebar 75 meter. Itu landasan yang baik sekali. Bangunan 2.500 meter sudah selesai, bagus sekali, kira-kira sepertiga dari seluruh bandara sudah selesai," ucap dia.

Pada sisi darat, NYIA akan memiliki luas terminal 210.000 m2 dengan kapasitas penumpang sebanyak 14 juta penumpang/tahun.

Sementara disisi udara, NYIA memiliki runway atau landas pacu sepanjang 3.250 x 45 meter dengan 23 parking stand seluas 159.140 m2. NYIA juga akan dilengkapi fasilitas sebanyak 10 unit garbarata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com