Berkat Jastip. Ratna Raup Untung Sambil Traveling ke Luar Negeri

Kompas.com - 27/04/2019, 12:12 WIB
Ratna (tengah), pegawai swasta yang memanfaatkan jasa titipan dalam acara diskusi di Kantor Bea Cukai, Jakarta, Jumat (26/4/2019) KOMPAS.com/YOGA SUKMANARatna (tengah), pegawai swasta yang memanfaatkan jasa titipan dalam acara diskusi di Kantor Bea Cukai, Jakarta, Jumat (26/4/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa sih yang enggak mau mendapatkan pemasukan sambil menjalankan hobinya?.

Kalau dua hal itu bisa dilakukan bersamaan, tentu kesenangan bisa berlipat-lipat, bukan?

Nah hal itulah yang dilakukan oleh Ratna, pegawai swasta yang sudah dua setengah tahun ini membuka pesanan jasa titip atau Jastip.

Awalnya Ratna sendiri tidak mengetahui apa itu Jastip. Sebutan itu ia kenal ketika teman-temannya menitip barang dari luar negeri beberapa tahun silam.

"Jastip apaan sih? Saya cari dong di internet ternyata membawa barang tak hanya dari luar ke Indonesia aja. Tetapi juga barang dari Indonesia ke luar negeri," ujarnya dalam acara diskusi di Kantor Bea Cukai, Jakarta, Jumat (26/4/2019).

Baca juga: Jastiper, Ini Risiko Bila Kucing-kucingan dengan Petugas Bea Cukai

Dari situ, Ratna mulai mencari aplikasi Jastip di playstore dan menjadi member. Tak disangka banyak pesanan mengalir saat ia mau traveling ke luar negeri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun awalnya permintaan itu bukan menitipkan barang dari luar negeri ke Indonesia, justru permintaan membawa barang dari Indonesia ke luar negeri.

"Jadi awalnya saya Jastip justru membawa 7 kain batik dari Indonesia ke Kualalumpur saat itu," sambungnya.

Dalam menentukan tarif Jastip, Ratna selalu mempertimbangkan sejumlah hal. Mulai dari ukuran barang, berat barang hingga lokasi barang yang dicari oleh pemesan.

Selain perlu ambil keuntungan, hal ini juga dilakukan karena Ratna tidak mau liburannya terganggu. Oleh karena itu ia sangat hitungan-hitungan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.