Studi: Gen Z Ingin Punya Rumah Sebelum Usia 30 Tahun

Kompas.com - 28/04/2019, 08:00 WIB
Ilustrasi rumah swadayaShutterstock Ilustrasi rumah swadaya

NEW YORK, KOMPAS.com - Generasi milenial disebut-sebut sebagai generasi yang amat ambisius. Ternyata, Gen Z yang merupakan generasi setelah milenial pun tidak kalah ambisiusnya.

Sebuah studi menemukan bahwa Gen Z ingin memiliki rumah sendiri sebelum berusia genap 30 tahun. Mereka pun dikabarkan sudah mulai menabung untuk membeli rumah, menurut studi yang dilakukan oleh Bank of America.

Dikutip dari Business Insider, Minggu (28/4/2019), studi tersebut mendefinisikan Gen Z berusia antara 18-23 tahun dan milenial berusia 20-40 tahun. Sebanyak 59 persen Gen Z mengatakan mereka ingin memiliki rumah dalam kurun waktu 5 tahun ke depan.

Baca juga: Sekarang Waktu Terbaik untuk Beli Rumah, Apa Sebabnya?

Tidak hanya itu, 33 persen Gen Z mengaku ingin membeli rumah, namun menunggu setidaknya 6 tahun untuk melakukannya. Sebanyak 52 persen Gen Z yang menjadi responden pun mengaku sudah menabung untuk membeli rumah.

Lalu, apa sebenarnya alasan Gen Z ingin cepat-cepat memiliki rumah?

Sebanyak 59 persen Gen Z mengatakan mereka ingin membeli rumah sejalan dengan membangun keluarga. Selain itu, 47 persen mengatakan membeli rumah sebagai upaya membangun kekayaan dan 33 persen membeli rumah untuk membuat keluarga mereka bangga.

Baca juga: Ini 10 Kota Termahal di Dunia untuk Beli Rumah

Sementara itu, studi yang dilakukan oleh Realtor.com menyebut bahwa Gen Z memiliki dua kali lipat kemungkinan menabung untuk membeli rumah pada usia 25 tahun dibandingkan generasi-generasi pendahulunya.

"Gen Z tidak hanya ingin menjadi pemilik rumah, mereka ingin melakukannya pada usia yang lebih muda dan kami menemukan bahwa mereka telah menabung dan merencanakan untuk menabung (guna membeli rumah)," ujar Danielle Hale, kepala ekonom di Realtor.com.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X