KILAS

Berdayakan Perekonomian Pedesaan, TelkomGroup Bangun Balkondes

Kompas.com - 29/04/2019, 13:00 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno (ketiga dari kanan) menandatangani prasasti peresmian Balkondes Sambirejo Divisi Humas TelkomMenteri BUMN Rini Soemarno (ketiga dari kanan) menandatangani prasasti peresmian Balkondes Sambirejo

KOMPAS.com - Untuk turut serta dalam mendorong perekonomian nasional hingga ke pelosok, TelkomGroup sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) mendirikan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di Desa Sambirejo, Sleman, Yogyakarta.

Menilik manfaatnya, Balkondes Sambirejo ini akan menjadi sentra kegiatan UMKM masyarakat sekitar.

Direktur Utama Telkom, Alex Sinaga mengatakan Balkondes Sambirejo ini dibuat dengan konsep berbasis teknologi digital dan saling terintegrasi.

"Balkondes Sambirejo ini dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mengembangkan kerajinan maupun kuliner melalui fasilitas workshop dan galeri," ujar Alex sesuai dengan rilis yang Kompas.com terima, Senin (29/4/2019).

Memiliki luas wilayah 2.500 meter persegi (m2), Desa Sambirejo kini telah memiliki berbagai layanan berbasis teknologi digital, seperti sistem pembayaran digital untuk sistem parkir, pujasera, sewa mobil, serta pembayaran penginapan maupun meeting room.

Untuk infrastruktur, TelkomGroup membangun sejumlah fasilitas buat memanjakan wisatawan yang berlibur ke Sambirejo, sebut saja Homestay, panggung kesenian, galeri budaya, ruang untuk UMKM, Green Garden, serta Restoran.

Menyikapi pembangunan Balkondes, Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan jika langkah ini sesuai dengan upaya BUMN meningkatkan ekonomi masyarakat desa.

"Untuk itu saya berterima kasih kepada Telkom dan Telkomsel yang telah membangun Balkondes Sambirejo ini. Semoga dapat dimanfaatkan dengan baik oleh warga desa setempat" ujar Rini.

Balkondes Sambirejo ini memiliki lokasi yang strategis, hanya berjarak 7 kilometer dari kompleks Candi Prambanan dan sangat dekat dengan kompleks Candi Ratu Boko, Candi Ijo, Candi Barong, dan Candi Banyunibo.

Wisatawan yang berkunjung disajikan pemandangan perbukitan batuan breksi yang memiliki corak indah, serta pegunungan tak ubahnya seperti Gunung Merapi dan Gunung Pegat.
 
“Dengan pesona keindahan Balkondes Sambirejo, kami berharap semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke wilayah ini. Seluruh pendapatan dari Balkondes tersebut akan menjadi milik desa. Sehingga secara otomatis akan meningkatkan perekonomian masyarakat,” tutup Alex.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X