Kompas.com - 29/04/2019, 18:02 WIB
Logo Bank Mandiri di Plaza Mandiri, Jakarta. KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANLogo Bank Mandiri di Plaza Mandiri, Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri mencetak laba sebesar Rp 7,2 triliun di kuartal I 2019. Angka tersebut tumbuh 23,4 persen dibandingkan capaian laba pada periode yang sama tahun lalu.

Direktur Keuangan Bank Mandiri Panji Irawan mengatakan, pertumbuhan tersebut cukup signifikan di tengah tekanan kondisi eksternal.

"Kami meyakini ini growth tertinggi di industri perbankan," ujar Panji dalam paparan kinerja di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (29/4/2019).

Sementara itu, aset Bank Mandiri pada periode tersebut tercatat sebesar Rp 1.206 triliun, naik 9,8 persen dari akhir Maret 2018.

Bank Mandiri juga meraih pendapatan operasional selain bunga atau fee based income yang meningkat sebesar 3 persen mencapai Rp 6,2 triliun, diiringi penurunan biaya CKPN, serta penghematan biaya operasional yang terkendali tumbuh single digit. 

Di tengah kondisi ketatnya persaingan suku bunga perbankan, pada kuart I 2019, pengumpulan dana murah perseroan tercatat tumbuh 3,9 persen mencapai Rp 516,5 triliun.

Pertumbuhan ini bertumpu pada kenaikan tabungan sebesar Rp20,4 triliun menjadi Rp 331,3 triliun, dan giro yang mencapai sebesar Rp 185,1 triliun. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ada penurunan giro valas yang terjadi karena ada pengalihan ke deposito valas," kata Panji.

Adapun dana pihak ketiga yang diraih Bank Mandiri di kuartal I 2019 sebesar Rp 827,8 triliun atau tumbuh 7,6 persen.

Ke depannya, Bank Mandiri berkeinginan untuk menumbuhkan bisnis perseroan secara berkesinambungan dengan memperkuat struktur pendanaan melalui peningkatan dana murah, menjaga pertumbuhan biaya operasional serta penyaluran kredit yang lebih prudent baik di segmen wholesale dan retail.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.