6 Mei, Citilink Terbang Perdana dari Bandara Internasional Yogyakarta

Kompas.com - 30/04/2019, 08:36 WIB
Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) sudah memiliki 100 persen sisi udara, terdiri runway atau landas pacu sepanjang 3.250 meter dan lebar 75 meter. Apron mampu menampung 23 parking stand lesawat di luasan 159.140 m2. Landasan ini dirancang bisa didarati pesawat komersil terbesar maupun terberat di dunia, yakni  melayani lalu lintas pesawat kecil hingga jenis pesawat komersil berbadan lebar (wide body), seperti Airbus A380 serta Boeing 747 dan 777. PT Angkasa Pura I (Persero) merencanakan penerbangan perdana pada 29 April 2019 depan. KOMPAS.COM/DANI JBandara Yogyakarta International Airport (YIA) sudah memiliki 100 persen sisi udara, terdiri runway atau landas pacu sepanjang 3.250 meter dan lebar 75 meter. Apron mampu menampung 23 parking stand lesawat di luasan 159.140 m2. Landasan ini dirancang bisa didarati pesawat komersil terbesar maupun terberat di dunia, yakni melayani lalu lintas pesawat kecil hingga jenis pesawat komersil berbadan lebar (wide body), seperti Airbus A380 serta Boeing 747 dan 777. PT Angkasa Pura I (Persero) merencanakan penerbangan perdana pada 29 April 2019 depan.

KULON PROGO, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Citilink akan melakukan penerbangan pertama  di Bandara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, 6 Mei 2019.

VP Network Management PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Teten Wardaya mengatakan,  dengan penerbangan di Bandara Internasional Yogyakarta ini, berarti dari enam kali pembukaan bandara baru, Citilink melakukan penerbangan perdana tiga kali. Setelah sebelumnya di Kertajati dan Samarinda.

"Citilink sudah berkoordinasi dengan AP I melakukan penerbangan joy flying pada 29 April. Kami siap melakukan penerbangan ke Bandara Internasional Yogyakarta," kata Teten, Senin (29/4/2019).

Menurut dia, sebagai bentuk dukungan kepada PT Angkasa Pura I dengan rencana pengoperasian minimal Bandara Internasional Yogyakarta, pihaknya akan melakukan uji coba penerbangan dari Bandara Sukarna-Hatta ke Bandara Internasional Yogyakarta pada 2 Mei dengan menggunakan pesawat Airbus 320.

Baca juga: AirAsia Ingin Caplok Citilink

"Kalau sudah selesai dan lancar, kami akan  melakukan penerbangan komersial pada 6 Mei dari Bandara Halim Perdana Kusuma ke Bandara Internasional Yogyakarta. Rencana terbang pada 11.30 WIB," ucap Teten.

Dia mengatakan saat ini pihaknya masih dalam proses pengurusan rute dan slot ke Kementerian Perhubungan, melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

"Setelah izin rute turun, pada 6 Mei melakukan penerbangan pertama dan menyosialisasikan kepada konsumen pengguna jasa pesawat," sebutnya.

Terkait, volume penerbangan ke Bandara NYIA, Teten mengatakan masih melakukan analisa peminat pasar.

"Kami akan menentukan volume penerbangan setelah melihat minat konsumen pascapenerbangan perdana," katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Antara
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X