Kompas.com - 30/04/2019, 10:34 WIB
Ilustrasi hemat uang Thinkstock/fitriyantoandiIlustrasi hemat uang

KOMPAS.com - Anda mungkin merasa bahwa menghamburkan uang untuk sesuatu yang tidak penting sangat disayangkan.

Tetapi mengapa Anda terus membiarkan pengeluaran di luar kendali, bahkan ketika Anda tahu bahwa itu keputusan yang buruk?

Mungkin Anda termasuk orang yang mengikuti 5 prinsip psikologis ini sebagai dasar keputusan pengeluaran Anda.

Baca juga: Ini Cara Gunakan Kartu Kredit Supaya Kita Jadi Hemat

Dilansir dari Huffington Post, Selasa (30/4/2019), 5 prinsip psikologi itu antara lain:

1. Diskon yang Tertunda

Maksud dari diskon yang tertunda adalah bila Anda membeli banyak barang hanya karena diskon tertentu seperti 'buy two get one' atau 'buy one get one'. Kemudian, Anda akan tergiur untuk membeli lebih karena harga yang ditawarkan lebih murah.

Misalnya, Anda hanya membeli dua botol minuman, namun bila Anda membeli 3 botol Anda akan mendapat diskon. Diskon-diskon ini sifatnya tertunda karena Anda harus membeli 3 botol minuman sebelum mendapat potongan harga.

"Potongan harga dari diskon yang tertunda adalah salah satu alasan mengapa beberapa orang cenderung mengeluarkan uang lebih banyak," ujar psikolog Carla Marie Manly.

2. Prinsip Kelangkaan

Prinsip kelangkaan adalah teori ekonomi yang meneliti hubungan antara penawaran dan permintaan. Ketika diterapkan pada bidang psikologi, prinsip kelangkaan pada dasarnya menyatakan bahwa semakin sedikit sesuatu yang tersedia, semakin diinginkan.

Misalnya, saat berbelanja online, Anda mungkin melihat barang dengan pesan seperti "limited time offer" atau "only two left". Karena pesan tersebut, Anda merasakan urgensi untuk membeli barang tersebut meskipun Anda tidak membutuhkannya.

"Seorang konsumen yang melihat pesan tersebut cenderung melanjutkan pembelian karena takut kehabisan padahal ia sebenarnya tidak membutuhkannya," jelas Vassilis Dalakas, seorang profesor pemasaran di Universitas Negeri California San Marcos.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X