Liburan saat Bulan Puasa? Jangan Abaikan ini

Kompas.com - 30/04/2019, 11:12 WIB
Ilustrasi liburan dengan mobil SHUTTERSTOCKIlustrasi liburan dengan mobil

KOMPAS.com - Siapa bilang saat berpuasa itu harus di rumah melulu? Anda bisa bepergian ke mana saja selama berpuasa, termasuk ke luar negeri untuk menikmati suasana puasa yang berbeda.

Pergilah menjelajah tempat-tempat baru dan jadikan bulan Ramadhan kali ini lebih menyenangkan dari puasa tahun sebelumnya.

Tentunya, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan agar puasa Anda tidak terganggu selama liburan nanti.

Persiapan apa saja yang dibutuhkan agar liburan berjalan lancar dan menyenangkan?

Baca juga: Jangan Diremehkan, Ini 4 Kesalahan Keuangan saat Liburan ke Luar Negeri

Lakukan tips-tips ini seperti dikutip dari Cermati.com:

1.  Menentukan dan Memilih Destinasi Liburan yang Tepat

Pertama-tama, tentukan destinasi liburan, apakah itu di dalam negeri atau di luar negeri. Hindari destinasi yang terlalu jauh karena dapat menguras lebih banyak tenaga. Sebagai gantinya, Anda bisa memilih tempat yang letaknya masih berdekatan dengan kota tempat tinggal.

Kalaupun ingin ke luar negeri, sebaiknya kunjungilah negara-negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura, atau lainnya yang hanya membutuhkan jarak tempuh sekitar 1 atau 2 jam lebih.

Pastikan kota atau negara yang Anda kunjungi ramah muslim untuk mengurangi godaan yang datang dari dunia luar. Misalnya godaan makan atau minum karena sebagian kafe atau restoran di tempat tujuan yang muslim friendly biasanya akan ditutup di siang hari.

2.  Mengunjungi Tempat Wisata yang Ada di dalam Ruangan

Liburan kurang afdol rasanya kalau tidak mengujungi tempat wisata populer. Namun apabila jadwal liburan Anda bertepatan di ulan Ramadhan, sebaiknya pilih tempat wisata di dalam ruangan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X