Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Ciptakan Hunian Nyaman? Lakukan 3 Cara Ini

Kompas.com - 01/05/2019, 08:07 WIB
Fika Nurul Ulya,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bicara soal rumah, tentu banyak alasan mengapa dekorasi menjadi salah satu bagian terpenting dalam membuat hunian nyaman. Sebuah rumah harus didesain dengan apik sesuai fungsinya, yakni tempat istirahat.

Untuk membuat rumah terasa nyaman, bagaimana seharusnya dekorasi rumah yang baik dan berkesan bagi penghuninya?

Willis Turner Henry, Head Of Creative Dekoruma mengatakan, untuk membuat hunian terasa nyaman, mendekorasi rumah harus memperhatikan tiga hal utama, yaitu penyesuaian aktifitas harian, penyesuaian kondisi lingkungan, dan penyesuaian kondisi.

Baca juga: Usia Berapa Idealnya Anda sudah Punya Rumah?

1. Nyaman dan sesuaikan aktivitas

Dekorasi rumah yang baik hendaknya memperhatikan kenyamanan dan sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas sehari-hari. Jadi, bukan hanya indah di mata tapi juga nyaman untuk jiwa.

"Misalnya, aktifvtas Anda sering kerja atau sering kumpul keluarga, itu disesuaikan dengan aktifitas sehari-hari si pemilik rumah. Kalau suka bekerja berarti buat ruang kerja, kalau sering kumpul keluarga berarti buat desain ruang keluarga yang tidak membosankan," kata Willis di Jakarta, Selasa (30/4/2019).

Grand Opening Dekoruma Experience Center di Jakarta, Selasa (30/4/2019)Fika Nurul Ulya Grand Opening Dekoruma Experience Center di Jakarta, Selasa (30/4/2019)

2. Sesuaikan kondisi lingkungan

Untuk negara tropis seperti Indonesia, biasanya dekorasi rumah yang bagus adalah tipe minimalis seperti Skandinavia ditambah dengan aksen coklat pada meja atau sofa untuk menambah kesan hangat.

Pencahayaan juga menjadi hal paling esensial si negara tropis yang mataharinya bersinar sepanjang tahun.

"Untuk pencahayaan tergantung penampakan rumahnya apakah sudah memiliki banyak jendela atau belum. Kalau belum, cukup Anda tambahkan lampu-lampu di area yang kurang cahaya matahari," ucap Willis.

Baca juga: Mau Beli Rumah atau Apartemen? Pahami Hal Ini

3. Sesuaikan kondisi

Mendekor rumah lagi-lagi harus menyesuaikan kondisi rumah. Untuk rumah yang sempit, bisa disiasati dengan membeli furniture multifungsi.

"Jadi kalau misalnya ruangannya sangat sempit seperti apartemen, bisa disiasati dengan furnitur multifungsi seperti tempat tidur yang bisa jadi sofa," tutur Willis.

"Dulu saya juga tinggal di apartemen jadi saya mensiasati itu," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com