Warren Buffett: Kesalahan Membuatku Sukses

Kompas.com - 01/05/2019, 12:35 WIB
Warren Buffett. Warren Buffett.

NEW YORK, KOMPAS.com - Sebelum sesukses seperti saat ini, investor kawakan Warren Buffet pun pernah gagal. Namun kesuksesannya memenangi kegagalannya

Dia merupakan salah satu investor paling cerdas di dunia. Berkshire Hathaway, perusahaan besutannya memiliki kapitalisasi pasar hampir 532 miliar dollar AS saat ini.

Keberhasilan Buffett dalam berinvestasi telah memberinya gelar orang terkaya keempat di dunia, dengan kekayaan bersih saat ini 88 miliar dollar AS.

Baca juga: Ini Fatwa-fatwa Warren Buffett yang Bermanfaat bagi Investor Sepanjang Masa

Terlepas dari kesuksesannya, Buffett mengatakan bahwa masa-masa sulitlah yang membuatnya harus terus berusaha dan sesukses saat ini. Buffet pun tidak selalu benar meski telah menjadi jutawan.

"Aku pernah membuat keputusan yang salah di Google dan Amazon," kata Warren Buffet dikutip dari CNBC, Rabu (1/5/2019).

Buffet pernah membuat keputusan yang salah di Google sehingga butuh teman dan pendiri Microsoft, Bill Gates untuk memberitahunya berhenti menggunakan mesin pencari Altavista. Sementara dengan Amazon, ia pernah meremehkan kemampuan Amazon mendisrupsi ritel.

"Saya pikir yang dilakukan Jeff Bezos adalah keajaiban semata. Jelas akan jauh lebih baik jika saya memiliki wawasan tentang bisnis-bisnis tertentu," ucap Buffet.

Baca juga: Ini Definisi Sukses ala Bill Gates, Warren Buffett dan Richard Branson

Namun, seperti kebanyakan orang sukses lainnya, mulai dari Bill Gates hingga Mark Cuban, Buffett tidak takut gagal.

"Anda akan membuat kesalahan dalam hidup. Jadi tidak mungkin saya akan membuat banyak keputusan bisnis dan investasi tanpa membuat beberapa kesalahan," papar Buffet.

Buffet bukannya tidak membuat kesalahan, tapi dia mencoba meminimalkan kesalahan itu. Buffet pun lebih memilih untuk tidak memikirkannya dan melihat ke belakang.

"Anda harus tahu, tidak semua kemenangan akan menjadi kemenangan. Itulah definisi kemenangan dalam hidup," kata Buffet.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X