Ingin Dekor Rumah dengan Anggaran Minim? Begini Caranya

Kompas.com - 01/05/2019, 16:15 WIB
Ilustrasi rumah sehat Readers DigestIlustrasi rumah sehat

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidaklah berlebihan jika desain sebuah rumah menjadi sesuatu yang sangat penting. Rumah harus dirancang sedemikian rupa agar dapat memberi kenyamanan dan juga keamanan.

Karena menjadi komponen paling penting dalam sebuah rumah, banyak orang yang mengeluarkan biaya besar-besaran untuk mendesain rumah.

Willis Turner Henry Head Of Creative Dekoruma, mendesain rumah tidak selalu mahal. Bagi Anda yang memiliki keuangan terbatas, Anda bisa mendekorasi rumah menyesuaikan budget.

"Untuk menyesuaikan budget dalam desain rumah, harus dilihat dulu kebutuhan si pemilik rumah dan siapa yang menempati rumah tersebut. Karena setiap dekorasi rumah tergantung siapa yang menempati, pasangan muda, keluarga kecil, atau wanita karir," kata Willis Turner Henry di Jakarta, Selasa (30/4/2019).

Baca juga: Usia Berapa Idealnya Anda sudah Punya Rumah?

Bila rumah dihuni oleh pasangan muda yang cenderung menikmati kesehariannya bersama pasangan di ruang tamu, maka dekorasi rumah dimulai dari ruang tamu terlebih dahulu.

"Nah, ini bisa disiasati dengan mendekorasi ruang tamu dahulu. Jadi kalau kamar tidur dan ruang lainnya bisa disiasasati selanjutnya secara berkala. Jangan mendekor rumah sekaligus jika budget terbatas," saran Willis.

Selain itu, pemilihan bahan furnitur juga akan menentukam harga dekorasi rumah. Untuk meminimalkan anggaran, pemilik rumah harus jeli terhadap bahan baku yang relatif kuat tapi murah.

Apalagi, menurut Willis, saat ini telah banyak jasa dekorasi rumah yang lebih transparan terhadap harga bahan baku. Pemilik rumah bisa melakukan konsultasi kepada pemilik jasa untuk bahan-bahan yang digunakan agar lebih murah.

Baca juga: Mau Beli Rumah atau Apartemen? Pahami Hal Ini

"Pemilik rumah bisa melakukan konsultasi bagaimana cara mengolah agar lebih murah seperti penggantian bahan baku," tutur Willis.

Willis menyarankan, bahan-bahan yang digunakan hendaknya juga memperhatikan kondisi ruangan. Untuk dapur, sebaiknya gunakan bahan-bahan yang tahan panas. Sementara untuk ruang tamu, hendaknya gunakan bahan yang kuat dan tahan lama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.