Kompas.com - 02/05/2019, 08:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kini sudah bayak pilihan dan cara seseorang untuk berinvestasi. Namun, sering kali muncul pertanyaan di benak, apakah ini saat yang tepat untuk berinvestasi di real estate?

Jika serius berinvestasi di sektor real estate, bisa memilih rumah, apartemen atau bangunan komersial Bagaimanapun, properti merupakan investasi jangka panjang yang besar meskipun harganya dapat berfluktuasi secara liar dalam jangka pendek dan tergantung pada keadaan ekonomi.

Jadi, apa yang perlu dipertimbangkan jika Anda ingin berinvestasi di real estate?

Biaya 

"Lihatlah resesi terakhir dan Anda melihat penurunan harga yang besar di tempat-tempat seperti Las Vegas di mana ada kenaikan besar sementara tempat-tempat seperti Austin, yang tidak memiliki lonjakan besar, datar," kata salah satu pendiri dan CEO BuildFax, Holly Tachovsky.

Tachovsky mengatakan, bahwa setiap investor yang memandang perumahan sebagai investasi harus melakukan pekerjaan rumah mereka.

"Pertimbangkan pemeliharaan yang ditangguhkan dan biaya tersembunyi lainnya," katanya.

Lokasi 

Investor yang berpikir tentang real estate mungkin ingin mempertimbangkan properti komersial juga.

CEO CrowdStreet, pasar investasi real estat komersial online, Tore Steen, mengatakan bahwa investor harus mencari tempat dengan pertumbuhan lapangan kerja yang baik.

Sementara itu, Chief Marketing officer CrowdStreet, Brent Hieggelke, menambahkan bahwa investor harus mencari jenis real estate yang dapat bertahan dengan baik bahkan dalam ekonomi yang lebih lembut.

"Apa yang Anda inginkan adalah portofolio yang seimbang. Perumahan siswa dan pusat kehidupan senior sama-sama tumbuh demografi yang cukup bukti resesi," katanya.

Tak Perlu Jadi Miliarder

Jika ingin berinvestasi di real estate, Anda harus memastikan bahwa telah menyimpan banyak uang tunai terlebih dahulu. Baik untuk uang muka atau untuk berinvestasi dalam dana properti. CrowdStreet, misalnya, memiliki investasi minimum 25.000 dollar AS untuk berbagai dana.

Namun, ada cara yang lebih murah untuk berinvestasi di real estate. Membeli Real Estate Investment Trust atau biasa disebut (REIT) bisa menjadi pilihan yang pas karena harga yang terjangkau bagi investor konservatif. Investor juga mendapat dividen yang menguntungkan yang dapat membantu memberikan penghasilan yang stabil, seperti halnya obligasi.

Jadi, Anda tidak perlu menjadi miliarder atau bahkan miliarder untuk menjadi seorang maestro real estate.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.