Gandeng JAL, Garuda Indonesia Tambah Rute dan Jam Terbang ke Jepang

Kompas.com - 02/05/2019, 10:32 WIB
Pesawat-pesawat Garuda Indonesia di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (1/12/2017). KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANPesawat-pesawat Garuda Indonesia di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (1/12/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Garuda Indonesia melakukan perluasan kerja sama codeshare dengan Japan Airlines (JAL) untuk memberikan pilihan beragam bagi penumpang yang akan berpergian antara Jepang dan Indonesia. P

kerja sama itu akan efektif mulai 8 Mei 2019. Dalam kesepakatan ini, Garuda Indonesia akan memperluas pengembangan jaringan penerbangan codeshare sebagai marketing carrier atau menempatkan nomor penerbangannya (flight number) untuk rute penerbangan Haneda-Osaka Itami (pulang-pergi) yang dilayani oleh Japan Airlines.

Sebaliknya, Japan Airlines turut menyepakati perluasan jaringan penerbangan dengan menjadi  marketing carrier atau  menempatkan nomor penerbangannya (flight number) pada penerbangan Garuda Indonesia untuk rute Jakarta-Osaka Kansai dan Jakarta-Nagoya.

"Perluasan kerjasama codeshare tersebut  merupakan bagian dari komitmen Garuda Indonesia dalam meningkatkan pangsa pasar dan konektivitas di kawasan Asia Pasifik," ujar Direktur Niaga Garuda Indonesia Pikri Ilham Kurniansyah dalam keterangan tertulis, Kamis (2/5/2019).

Pikri menambahkan, Jepang merupakan pasar yang sangat penting bagi Garuda Indonesia. Ia berharap kerja sama ini dapat memberikan nilai tambah bagi seluruh penumpang Garuda Indonesia dan JAL, khususnya dalam memberikan ragam pilihan jadwal penerbangan dari Indonesia ke Jepang maupun sebaliknya.

"Kolaborasi strategis bersama JAL juga akan terus kami tingkatkan melalui pengembangan program frequent flyer hingga pengembangan kapasitas market share," kata Pikri.

Sebelumnya, melalui jalinan kerja sama codeshare, JAL dan Garuda Indonesia telah menyepakati pengembangan jaringan penerbangan codeshare disejumlah rute yang dilayani masing-masing maskapai seperti rute Jakarta-Haneda, Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Surabaya, dan Jakarta-Narita yang dilayani oleh Garuda Indonesia.

Adapun JAL turut memperluas pangsa pasar jaringan codeshare penerbangan melalui rute Narita-Jakarta, Haneda-Nagoya, Haneda-New Chitose, dan Haneda-Fukuoka.

Dengan demikian, saat ini Garuda Indonesia dan JAL memiliki sebanyak 11 rute penerbangan codeshare dari dan menuju Indonesia-Jepang.

Lebih lanjut, melalui perluasan rute jaringan penerbangan codeshare tersebut, pengguna jasa dapat memiliki pilihan jadwal penerbangan yang lebih beragam. Adapun saat ini, Garuda Indonesia melayani rute penerbangan Jakarta-Osaka (PP) sebanyak 3 kali seminggu. Sedangkan Jakarta-Nagoya dioperasikan sebanyak 4 kali seminggu. Kedua rute tersebut dioperasikan dengan menggunakan pesawat jenis Airbus A330-300.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X