Dari Telat Panen Hingga Tiket Pesawat, Ini Penyebab Inflasi April 2019

Kompas.com - 02/05/2019, 13:14 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (22/1/2019). Kompas.com/Mutia FauziaMenteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan inflasi sebesar 0,44 persen pada April 2019 disebabkan oleh sejumlah harga.

"Itu pasti urusannya bawang putih, bawang merah, cabai merah, mungkin sedikit ayam atau telur. adalagi tiket pesawat," ujarnya di Jakarta, Kamis (2/5/2019).

Pertama, terkait harga pangan yang naik. Darmin mengatakan bahwa hal itu terjadi karena pengen tahun ini agak terlambat.

Ia menyebut komoditas yang terlambat penen yakni beras, cabai, dab bawang. Selain itu Darmin menilai ada andil keterlambatan impor bawang putih.

"Kita tidak menghasilkan bawang putih, tapi segera dia akan masuk itu. Begitu juga cabai sama bawang merah sebentar lagi juga panen dia," kata dia.

"Jadi ini ya soal keterlambatan yang namanya kalau panen. Kalau musim hujannya agak banyak biasanya dia terlambat," sambungnya.

Sementara sumbangsih lonjakan inflasi April 2019 disebabkan oleh harga tiket pesawat yang belum turun.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X